PDIP Soal Relawan Anies: Janji di Jakarta Saja Tak Dipenuhi, Mau Urus Nasional

PDIP Soal Relawan Anies: Janji di Jakarta Saja Tak Dipenuhi, Mau Urus Nasional
Anies Baswedan penuhi panggilan KPK. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 19 Oktober 2021 16:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anis) memastikan akan mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Dengan demikian, sudah 2 komunitas yang menyatakan diri relawan Anies agar maju dalam kontestasi Pilpres.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak mengatakan, deklarasi relawan tidak serta merta menunjukan banyaknya dukungan terhadap satu sosok Capres. Sebab menurutnya, terpilihnya satu sosok menjadi seorang Presiden berdasarkan kehendak rakyat.

"Makin banyak relawan tidak berarti makin banyak dukungan. Realitanya nanti sewaktu pemilihan. Politik bukan soal relawan, tapi siapa yang dikehendaki rakyat," ucap Gilbert, Selasa (19/10).

Dia pun tidak mempermasalahkan munculnya relawan Anies untuk maju sebagai Capres. Sebab, hak setiap warga negara indonesia untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Tak lupa, Gilbert berpesan agar Anies sedianya menjalani janji politik terlebih dahulu. Dan memberi contoh implementasi demokrasi yang tepat.

"Janji di provinsi saja tidak dipenuhi, lalu mau urus nasional. Rapat DPRD saja tidak mau hadir padahal secara demokrasi itu rakyat, lalu mau melangkah ke nasional. Etika politiknya diperbaiki dulu," ungkapnya.

Secara terpisah, Koordinator relawan Anis, La Ode Basir mengatakan, alasan dibentuknya relawan ini lantaran melihat kinerja sekaligus capaian-capaian Anies saat menjabat sebagai Gubernur.

"Kita lihat bagaimana kepemimpinan Pak Anies di Jakarta. Kami telah melakukan banyak kajian dan diskusi tentang itu menunjukan keberhasilan," ucap La Ode kepada merdeka.com, Selasa (19/10).

Dia pun menuturkan, mendeklarasi Anies sebagai Capres bukan hanya berdasarkan popularitas.

Lebih lanjut, La Ode menyampaikan, pembentukan relawan ini diklaim La Ode sejak 2018, dengan anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian, meski tidak menjawab secara tegas, La Ode mengaku sudah ada komunikasi yang dibangun antara relawan Anis dengan pihak Anies Baswedan.

"Pasti itu ada lah, hanya enggak mungkin itu kita paparkan secara jelas itu bagian dari strategis. Biar itu isi rumah tangga kami," ucapnya.

Sementara itu, dijadwalkan pada Rabu (20/10) relawan Anis secara resmi mendeklarasikan Anies sebagai Capres di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat.

Deklarasi akan dihadiri secara fisik 30 orang sementara sisanya akan diikuti melalui daring. (mdk/rnd)

Baca juga:
Anies: PPKM Level 2 DKI jadi Tanggung Jawab Bersama se-Jabodetabek
Besok, Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera Deklarasi Dukung Anies Nyapres
CEK FAKTA: Hoaks Narasi Video KPK Temukan Uang Triliunan di Rumah Anies Baswedan
Tanggapan Anies Baswedan Soal Rapor Merah dari LBH
Sempat Dikritik Fraksi PDIP DKI, Anies Didampingi Riza Hadiri Rapat Paripurna di DPRD

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami