Pemerintah Siapkan Opsi Keluarkan Perppu Pilkada Baru

Pemerintah Siapkan Opsi Keluarkan Perppu Pilkada Baru
POLITIK | 20 September 2020 20:14 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengungkap pemerintah pusat sedang mempersiapkan opsi untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada 2020. Ada dua macam opsi Perppu yang sedang disiapkan pemerintah.

Opsi pertama adalah Perppu yang akan mengatur mengenai Covid-19 secara keseluruhan. Mulai dari pencegahan, penanganan dan penegakan hukum dalam pandemi Covid-19. Tito mengatakan, sampai hari ini tidak ada undang-undang spesifik yang mengatur penanganan Covid-19.

"Opsi Perppu ada dua macam. Perppu pertama opsi satu adalah Perppu mengatur keseluruhan masalah covid mulai dari pencegahan penanganan dan penegakan hukum," ujar Tito dalam diskusi daring, Minggu (20/9).

Opsi kedua yang disiapkan adalah Perppu yang secara spesifik mengatur penyelenggaraan Pilkada 2021. Perppu ini yang juga diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar ada aturan secara spesifik mengatur Pilkada di tengah pandemi.

"Kedua Perppu spesifik protokol Covid-19 pilkada dan juga pilkades," kata Tito.

Selain itu, sambung Tito, pemerintah juga menyiapkan opsi lain jika tidak mengeluarkan Perppu. Yaitu dengan melakukan revisi terhadap Peraturan KPU (PKPU) agar disesuaikan dengan situasi pandemi.

"Opsi kedua kalau bukan perppu yang PKPU, peraturan KPUnya harus segera revisi dan harus segera dalam beberapa waktu hari ini," kata mantan Kapolri ini.

Tito mengatakan, pihaknya mendukung KPU untuk melakukan revisi PKPU. Karena itu, Kemendagri melakukan rapat dengan KPU dalam akhir pekan ini membahas aturan Pilkada.

"Saya hanya fasilitasi, utamanya KPU sendiri yang harus disetujui oleh Komisi II DPR. Kuncinya ada di KPU sendiri. Kami mendorong membantu termasuk rapat kita lakukan sabtu minggu ini," kata dia. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami