Pemilu Serentak, Djarot Harap Tak Menimbulkan Banyak Korban

Pemilu Serentak, Djarot Harap Tak Menimbulkan Banyak Korban
POLITIK | 27 Februari 2020 22:59 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Anggota Komisi II Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, pihaknya sedang membahas lebih dalam terkait pelaksanaan pemilu. Hal tersebut berkaitan dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa, pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, dan anggota DPD tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menegaskan, hal penting yang menjadi pertimbangan, yakni jangan sampai pelaksana pemilu serentak malah menimbulkan dampak negatif. Seperti pemilu lalu yang bahkan sampai merenggut korban jiwa.

"Yang kita jaga adalah jangan sampai merepotkan seperti kemarin, yang banyak korban, menimbulkan banyak korban jiwa dan kerumitan ya," kata dia ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/2).

1 dari 1 halaman

Ada Banyak Opsi

Menurut dia, ada sejumlah opsi terkait pelaksanaan pemilu serentak. Salah satunya pemilihan legislatif akan tetap berlangsung serentak. Hanya saja dipisahkan antara level nasional dan level daerah.

"Misalkan pemilu nasional terlebih dahulu DPR DPD dan Presiden kemudian Pemilu provinsi regional (kabupaten-kota) dipisah dengan waktu yang berbeda. Itu menjadi opsi. Yang saya pikir bisa," jelas dia.

"Presiden dilakukan bersama sama dengan DPR dan DPD. Kemudian dalam waktu berikutnya dilakukan pemilu di tingkat lokal. Baik itu melalui pemilihan DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota. Itu salah satu opsi," imbuhnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Komisi II Jadikan Putusan MK Soal Pemilu Serentak Acuan Ubah UU
MK Tolak Gugatan, Pemilu Tetap Digelar Serentak
Menaikkan Ambang Batas Parlemen Dianggap Bukan Solusi Sederhanakan Parpol
Jokowi: MK Meraih Pencapaian Luar Biasa Sepanjang 2019
Ketua MK: UU Pemilu dan KPK yang Paling Banyak Digugat
Surya Paloh Usulkan Ambang Batas Parlemen 7 Persen: Demi Parpol yang Berkualitas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami