Penyusunan Soal Debat ke-5, KPU Gelar FGD Bersama Panelis & Narasumber

POLITIK | 9 April 2019 18:04 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Debat ke lima capres dan cawapres akan digelar pada Sabtu (13/4) mendatang sekaligus menandai berakhirnya masa kampanye. Saat ini KPU tengah mempersiapkan penyusunan materi atau soal yang akan diajukan pada pasangan capres cawapres.

Untuk penyusunan soal ini, KPU pun menggelar FGD alias 'Focus Group Discussion' bersama panelis dan narasumber lainnya.

"Persiapan debat ke lima hari ini. Sore ini tadi mulai jam 14.00 WIB telah dilakukan FGD antara para panelis dengan para narasumber yang ditunjuk oleh KPU. Sepuluh orang panelis hadir untuk berdiskusi bersama narasumber, untuk mempersiapkan penyusunan materi soal untuk debat yang ke lima," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4) sore.

Narasumber yang dilibatkan KPU dalam FGD berasal dari berbagai elemen mulai dari NGO, lembaga kajian, lembaga survei, dan pemerhati atau pengamat yang ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan tema debat ke lima ini yaitu pembangunan ekonomi, kesejahteraan sosial, investasi dan keuangan, industri dan perdagangan.

Dalam diskusi ini, para panelis menerima masukan dari para narasumber. Tujuannya untuk memperkaya informasi bagi para panelis dalam menyusun soal atau pertanyaan debat ke lima.

"Karena kita tahu debat yang ke lima adalah debat yang terakhir sehingga kita berharap proses dan pelaksanaan debat ke lima itu baik, lancar, mengedukasi pemilih dan menjadi tontonan yang baik bagi pemirsa," kata Wahyu.

Menurutnya, format dan mekanisme debat ke lima sama dengan debat ke empat yang berlangsung pada 30 Maret lalu.

"Untuk debat ke lima, format dan mekanisme debat seperti format dan mekanisme debat ke empat," kata Wahyu. (mdk/dan)

Baca juga:
Jokowi-Ma'ruf akan Gelar Simulasi Debat Kelima
Pengamat: Debat Capres Jangan Hanya Bahas Harga Cabai
Soal Tema Debat Terakhir, Ma'ruf Klaim Grade Investasi RI sudah Naik
Jadwal Kampanye Padat, Ma'ruf Tak Kesulitan Sambil Persiapan Debat Terakhir
Harapan Pengusaha di Debat Pilpres Pamungkas 2019

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.