Perludem Minta Pansel Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu yang Bisa Belajar Cepat

Perludem Minta Pansel Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu yang Bisa Belajar Cepat
Gedung KPU. Merdeka.com/Dwi Narwoko
NEWS | 13 Oktober 2021 13:13 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Pemerintah telah membentuk panitia seleksi (pansel) untuk memilih anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) memberikan catatan. Tim pansel diharapkan memilih anggota KPU dan Bawaslu yang mampu belajar menyesuaikan diri dengan cepat.

"Memang tantangannya nanti anggota KPU-Bawaslu yang terpilih harus bisa belajar cepat untuk bisa menyesuaikan diri," kata Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati saat dihubungi merdeka.com, Rabu (13/10).

Khoirunnisa mengatakan calon anggota KPU dan Bawaslu harus belajar cepat lantaran pemilu 2024 digelar serentak untuk pertama kalinya.

"Apalagi jika nanti ada orang-orang baru yang belum punya pengalaman dalam penyelenggaraan pemiilu," ujarnya.

Mengacu aturan undang-undang, masa jabatan anggota KPU-Bawaslu akan habis pada April 2022. Untuk itu, seleksi anggota KPU-Bawaslu baru merupakan sebuah keharusan.

"Jadi sekarang memang sudah saatnya untuk seleksi. Sehingga dari proses seleksi sekarang ini diharapkan di bulan April sudah terpilih anggota KPU-Bawaslu yang baru," tambahnya.

Dengan seleksi tersebut, kata dia, tahapan pemilu tidak akan terganggu. "saya rasa tidak akan mengganggu tahapan pemilunya, karena nanti masih ada di awal-awal tahapan pemilu," katanya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengumumkan Tim Seleksi calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027. Ada 11 nama yang mengisi jabatan pada Tim Seleksi tersebut.

Daftar tim tersebut mengacu pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 120/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Masa Jabatan 2022-2027.

Ke-11 anggota Timsel tersebut adalah Juri Ardiantoro menjabat sebagai ketua merangkap anggota Timsel, Chandra M Hamzah sebagai wakil ketua merangkap anggota, Bahtiar sebagai Sekretaris merangkap anggota.

Sementara delapan anggota Timsel lainnya yaitu Edward Omar Sharif Hiariej, Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, I Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

Baca juga:
Tim Seleksi Anggota KPU dan Bawaslu Janji Bekerja Transparan dan Independen
Istana: Tim Pansel Anggota KPU-Bawaslu Berintegritas dan Teruji
Mendagri Pastikan Tak Ada Intervensi Pansel KPU-Bawaslu
Ada 4 Orang Perwakilan Pemerintah, Independensi Timsel KPU-Bawaslu Diragukan
Anggota DPR Ingatkan Pansel KPU-Bawaslu Jaga Netralitas
DPR: Tim Pansel KPU-Bawaslu Diisi Orang Berintegritas dan Rekam Jejak Baik


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami