Pernak-Pernik Kampanye Terbuka Jokowi-Prabowo

POLITIK » MALANG | 26 Maret 2019 06:31 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Kampanye terbuka capres-cawapres tengah berjalan sejak 23 Maret 2019. Kampanye terbuka dimanfaatkan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya agar menjadi pemenang di Pilpres 2019.

Kampanye bakal dilakukan ke berbagai daerah di Indonesia. Meski kampanye terbuka tersebut baru dilakukan beberapa hari, namun ada banyak pernak pernik yang menarik untuk diulas. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Bendera Golkar Berkibar di Lokasi Kampanye Prabowo

Pada akhir pekan lalu, pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandi menggelar kampanye terbuka di Lapangan Karebosi, Makassar. Kampanye itu dibanjiri oleh pendukung pasangan nomor urut 02.

Namun ada yang menarik dari kampanye tersebut. Bendera Partai Golkar berkibar di tengah-tengah barisan kibaran bendera partai pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga. Padahal diketahui Golkar menjadi parpol pendukung pasangan capres nomor urut 01, Jokowi- Ma'ruf Amin.

Bendera kuning bergambar logo partai beringin itu juga terpampang gambar wajah Prabowo-Sandiaga. Bendera dikibarkan di depan tribun, podium tempat Prabowo sampaikan orasi politik.

2 dari 4 halaman

Prabowo Menari Tari Gatsi Saat Kampanye di Merauke

Capres Prabowo Subianto kemarin melakukan kampanye ke Merauke, Papua. Kedatangan Prabowo disambut antusias oleh warga Merauke.

Capres nomor urut 02 itu juga disambut dengan tarian adat Gatsi khas suku Marind, suku asli Merauke. Menariknya Prabowo pun turut ikut menari bersama warga tersebut.

3 dari 4 halaman

Jokowi Simulasikan Coblos Nomor 01

Akhir pekan lalu Jokowi menggelar kampanye terbuka di stadion Maulana Yusuf, Banten. Pada kampanye tersebut capres nomor urut 01 itu ditemani oleh ketum partai pendukung.

Di atas panggung, Jokowi memperagakan cara mencoblos saat Pemilu 2019. Jokowi memperagakan mencoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 01 di dalam replika surat suara berukuran besar. Setelah itu Jokowi memasukkan replika surat suara ke dalam replika kotak suara yang sudah tersedia. Yang menarik, dalam surat suara replika tersebut, hanya ada foto Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan untuk paslon nomor urut 02 tidak ada fotonya atau hanya bergambar hitam.

4 dari 4 halaman

Jokowi Duet Dengan Ian Radja Nyanyikan Lagu Jujur

Saat kampanye terbuka di Banten, Jokowi sempat menghibur belasan ribu pendukungnya. Capres nomor urut 01 itu berduet dengan band Radja menyanyikan lagu 'jujur' yang diubah liriknya oleh sang vokalis, Ian Kasela.

Awalnya Jokowi bersama para ketum partai pendukung serta para menteri menikmati penampilan Radja. Namun seketika, Ian mendekati Jokowi, dan menyodorkan mic untuk mengajak nyanyi bareng. "Bagaimana kalau pak Jokowi ikutan nyanyi juga," kata Ian.

Jokowi sempat tertawa. Namun, dia tetap menerima tawaran Ian, dan ikut bernyanyi. (mdk/has)

Baca juga:
Punya Dua Ideologi, Demokrat Optimis Perolehan Suara Meningkat
Tokoh NU Pimpin Doa & CEO Arema Naik Panggung Kampanye Jokowi di Malang
Sandiaga Kembali Rasakan Aura Kemenangan Seperti Pilgub DKI
Di Lebak, Ma'ruf Kembali Ingatkan Hoaks Jokowi Larang Azan
Kampanye di Jaktim, Sandi Ajak Pendukung Salat Subuh Berjemaah hingga Pencoblosan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.