Petuah Amien Rais Masihkah Ampuh?

POLITIK | 11 Juli 2019 05:38 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Sikap politik Partai Amanat Nasional terbelah. Sebagian internal ingin bergabung bersama pemerintah dan sebaliknya. Akan tetapi keinginan sebagian kader untuk koalisi ditolak mentah-mentah oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

"Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar. Nah, dengarkanlah nasihat saya, jangan kita rabun ayam!" kata Amien.

Ultimatum itu ditanggapi beragam oleh kader PAN. Sebagai politisi senior di PAN tentu Amien Rais mempunyai pengaruh kuat. Lantas apakah larangan Amien gabung ke pemerintah akan didengar? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Nasihat Amien Rais Jadi Referensi

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tak setuju PAN bergabung dengan Pemerintahan Jokowi. Dia minta PAN menuruti nasihatnya. Tentunya nasihat Amien Rais akan menjadi pertimbangan PAN masuk koalisi Jokowi.

Bahkan salah satu yang akan dibahas dalam Rakernas PAN mendatang. "Sebagai pendiri partai dan tokoh senior di partai ini nanti suara Pak Amien akan menjadi referensi untuk kita bagaimana menentukan langkah partai ke depan," kata Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay, di Jakarta, Jumat (5/7).

2 dari 4 halaman

PAN Harus Lepas dari Bayang-bayang Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais dengan tegas menolak PAN bergabung ke pemerintah. Dia meminta PAN mendengarkan sarannya itu. Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menyatakan partai harus bisa lepas dari pengaruh satu orang tokoh dalam mengambil keputusan. Tokoh tersebut mengacu pada Amien Rais.

"Tidak bisa kalau kita mengeluarkan keputusan itu selalu kita selalu khawatir apakah orang ini setuju atau tidak, suka atau tidak, itu tidak bisa," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6).

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Drajad Wibowo menegaskan seharusnya PAN yang lepas dari bayang-bayang seorang Bara Hasibuan. Bukan Amien Rais.

"Justru yang benar, DPP PAN yang seharusnya segera melepas Bara (Hasibuan) tanpa bayang-bayang sama sekali," katanya.

3 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Pengurus di Daerah?

Pengaruh Ketua Dewan Kehormatan PAN masih kuat. Sebagian pengurus PAN di Indonesia menghormati dan masih mendengar nasihat-nasihat Amien Rais.

Tidak hanya pada acara-acara formal, bahkan acara informal sekalipun, banyak di antara mereka yang sengaja datang berkunjung untuk sekadar mendengar nasihat Amien Rais.

"Sampai saat ini, hampir semua pengurus di seluruh Indonesia masih sangat menghormati dan mendengar nasihat-nasihat Amien Rais," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay.

4 dari 4 halaman

Optimis PAN Gabung ke Pemerintah

Partai Amanat Nasional (PAN) tak lama lagi akan menggelar Rakernas. Dalam Rakernas akan dibahas arah politik partai berlambang matahari itu.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan yakin Rakernas partainya bakal memutuskan untuk memberi dukungan kepada pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Dia melihat pengurus wilayah cenderung mengarahkan PAN masuk dalam barisan pemerintah.

"Ada aspirasi seperti dikemukakan oleh rekan saya Viva Yoga Mauladi, mayoritas DPW menyatakan kesetujuannya kalau PAN nanti mengambil langkah untuk begabung dengan pemerintahan Pak Jokowi. Jadi trennya itu ke arah situ," ujar Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6).

(mdk/has)