PKB Nilai Wajar Pejabat dan Politisi Sowan ke Gibran

PKB Nilai Wajar Pejabat dan Politisi Sowan ke Gibran
Cak Imin dan Gibran. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
POLITIK | 8 April 2021 21:17 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua DPP PKB, Daniel Johan, menilai silaturahmi antara petinggi negara atau tokoh politik dengan Gibran Rakabuming Raka di Solo adalah hal wajar. Menurutnya, pertemuan sesama pejabat atau politisi dengan pejabat merupakan sesuatu yang normal.

"Saya rasa itu hal yang etis dan normal, bagaimanapun Mas Gibran dianggap bagian dari sentrum kekuasaan, para menteri dan tokoh bertemu dengan sesama pejabat daerah sebenarnya hal yang biasa," katanya lewat pesan singkat, Kamis (8/4).

Menurutnya, koordinasi Gibran sebagai Wali Kota Solo dengan pejabat atau politisi adalah hal biasa, layaknya seorang kepala daerah. Karenanya, pertemuan itu jangan dianggap sebagai agenda politik tertentu.

"Tapi mungkin perhatian dan pemberitaannya tidak sebesar kalau bertemu dengan Mas Gibran, jadi jangan terlalu jauh berpikirnya, tapi itu bagian dari koordinasi program pusat daerah yang sangat baik untuk dilakukan," ucapnya.

Daniel juga minta tidak ada prasangka buruk bahwa para pejabat dan politisi yang mendatangi Gibran dianggap cari muka ke Presiden Jokowi. Menurutnya, pertemuan itu untuk memperlancar program pembangunan Gibran di Solo.

"Jangan suudzon, saling bertemu dan silaturahmi antarpusat daerah akan memperkuat koordinasi dan memperlancar program-program pembangunan," jelas anggota DPR ini.

Seperti diberitakan, kepemimpinan putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka seolah menjadi magnet bagi sejumlah petinggi negeri. Sejak Gibran dilantik pimpin Solo pada Jumat (26/2), tercatat sudah banyak para pejabat dan politisi yang sowan ke Solo.

Bukan cuma para menteri, kepemimpinan Gibran menjadi seperti magnet politik. Belum 30 hari menjabat, petinggi parpol bertamu ke rumah dinas Loji Gandrung dan mendukung penuh kepemimpinan Gibran di Solo.

Sejumlah menteri tercatat bertemu putra sulung Presiden Jokowi itu, yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.
Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan ada Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama Kusubandrio.

Selain itu, petinggi partai politik yang menemui Gibran adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah. Terbaru, Gibran ditemui Komisaris Utama PT Pertamina atau eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (mdk/yan)

Baca juga:
PPP: Gibran Jangan Diganggu Politik Pragmatis Seperti Diimingi Maju Pilkada DKI
Nostalgia Ahok saat ke Solo, Ini Potret 9 Tahun Lalu saat Ketemu Jokowi Loji Gandrung
Gibran Ditemui Banyak Tokoh, Demokrat Nilai Representasi Jokowi di Pentas Politik
PKS Soal Tokoh Temui Gibran: Mungkin Mereka Berharap Keajaiban Jokowi Terulang
Pengamat Sebut Sejumlah Tokoh Cari Muka ke Jokowi Lewat Gibran
Magnet Kepemimpinan Gibran di Solo

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami