PKB Soal Waktu Reshuffle Kabinet: Bisa Jadi Rabu Seperti Kebiasaan Jokowi

PKB Soal Waktu Reshuffle Kabinet: Bisa Jadi Rabu Seperti Kebiasaan Jokowi
Penjelasan Jokowi al Larangan Mudik. ©2021 Merdeka.com
POLITIK | 19 April 2021 14:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wacana reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo semakin menguat. Namun, mengenai waktu belum tahu kapan Jokowi akan mengumumkan.

Tetapi, berkaca dari kebiasaan Jokowi yang kerap menyampaikan keputusan penting pada hari hari Rabu Pon atau Rabu Pahing. Politikus PKB Luqman Hakim menyebut pendekatan terkait hari itu bisa juga menjadi pilihan Jokowi saat menyampaikan Reshuffle kali ni.

"Soal hari apa, mungkin menurut pendekatan spiritual tertentu perlu mempertimbangkan nama hari, misalkan Rabu seperti yang menjadi kebiasaan Pak Jokowi selama ini," kata Luqman saat dikonfirmasi, Senin (19/4).

Luqman menilai, demi kepentingan negara maka kepastian apakah akan ada reshuffle atau tidak sebaiknya segera disampaikan secara terbuka pada publik. Sebab apabila tidak, isu perombakan itu menurutnya akan mempengaruhi kinerja para menteri.

"Bagi masyarakat dan negara, lebih penting mempertimbangkan perlunya segera ada kepastian. Dalam keadaan seperti ini, di mana rencana reshuffle sudah terbuka ke publik, jika berlama-lama pasti pasti akan mengganggu kinerja menteri-menteri. Kalau kinerja menteri terganggu, yang rugi tentu presiden dan rakyat," terangnya

Apalagi, kata Luqman, situasi pandemi sat ini sangat membutuhkan fokus dan kerja keras pra menteri. "Situasi negara saat ini membutuhkan kepastian dan soliditas kabinet. Penanganan pandemi dan upaya menjaga kehidupan ekonomi, pelaksanaan pendidikan nasional yang amburadul, gangguan keamanan di Papua serta penanganan bencana alam di berbagai daerah, akan terganggu jika anggota-anggota kabinet tidak dalam kepercayaan diri penuh akibat isu reshuffle ini," bebernya.

Meski demikian, Luqman berdalih PKB tidak pernah mendesak Jokowi melakukan atau mengumumkan reshuffle.

"PKB sama sekali tidak dalam posisi mendesak Presiden melakukan reshuffle. Tetapi jika Presiden memutuskan akan melakukan reshuffle, sebaiknya segera saja diumumkan, agar kabinet segera dapat bekerja normal kembali," tandasnya.

Reporter: Delvira H
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Tenaga Ahli KSP Sebut Reshuffle Merupakan Hasil Evaluasi dan Keputusan Presiden
Soal Reshuffle, Jubir Presiden Sebut Hanya Jokowi dan Allah yang Tahu
Kata Stafsus Presiden Jokowi soal Kabar Reshuffle Pekan Ini
Soal Kabar Masuk Kabinet, PAN Masih Tunggu Tawaran dari Jokowi
Tiga Menteri Jokowi Dinilai Laik Direshuffle

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami