PKB: Sosok Cawapres Ma'ruf Amin Tegaskan Dukungan NU di Pilpres 2019

POLITIK | 29 November 2018 14:55 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua DPP PKB Lukman Edy angkat bicara soal cucu pendiri NU deklarasi dukung Prabowo-Sandi. Ia menegaskan sosok cawapres Ma'ruf Amin sudah menegaskan dukungan Nahdlatul Ulama dalam Pilpres 2019.

Sebab mantan Rais Aam NU itu bakal terus mengkonsolidasikan dukungan melalui safari bertemu para kiai dan pondok pesantren di daerah-daerah.

Maka itu Lukman yakin suara NU tidak goyah hanya karena segelintir cucu pendiri NU mendeklarasikan dukungan kepada capres Prabowo Subianto. Di kubu lawannya itu tidak punya strategi yang sama seperti Ma'ruf.

"Bertemu dengan alumni ponpesnya itu yang dilakukan Kiai Ma'ruf. Kubu Prabowo enggak mungkin melakukan itu. Enggak mungkin melakukan itu karena enggak punya kebiasaan seperti itu," ujar Lukman di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (29/11).

Wakil Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf itu mengatakan, Ma'ruf memang diplot untuk mengkonsolidasikan suara di pondok pesantren tiap daerah. Serta pengurus-pengurus dan kiai NU di daerah.

Selain itu Lukman melihat, kubu Prabowo hanya bermanuver melalui dukungan tersebut untuk meraup suara NU. Perlu diakuinya, bahwa suara NU memang besar. Namun, Lukman percaya hasil survei yang menyebut lebih banyak yang mendukung Jokowi.

"Konstituen NU itu jauh lebih besar daripada mendukung Prabowo. Kalau Muhammadiyah masih imbang antara kubu sana kubu sini. Tapi NU solid lah," katanya.

Diberitakan, sejumlah kiai dan ulama cucu pendiri NU memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ada puluhan kiai dan ulama yang datang ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (28/11).

Baca juga:
Yenny Wahid: Insya Allah suara NU di Jokowi aman
Moeldoko Tanggapi Prabowo: Korupsi Ada di Pemda Bukan Pusat
Kubu Jokowi Sesalkan Prabowo Umbar Kejelekan Indonesia di Forum Internasional
Cak Nanto Dukung Netralitas Muhammadiyah di Pilpres 2019
Fahri Hamzah Nilai PPP Lebih Condong ke Prabowo

(mdk/rhm)