PKS dan PAN berpaling, Deddy Mizwar tak punya tiket Pilgub Jabar

PKS dan PAN berpaling, Deddy Mizwar tak punya tiket Pilgub Jabar
Wagub Jabar Deddy Mizwar. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
POLITIK | 27 Desember 2017 18:15 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Calon incumbent di Pilgub Jabar, Deddy Mizwar belum memiliki tiket untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2018. Hal ini merujuk atas ditariknya dukungan PAN dan PKS kepada Deddy Mizwar.

PKS dan PAN memilih untuk mendukung Sudrajat-Ahmad Syaikhu untuk Pilgub Jabar. Nasib Deddy kini tinggal diusung oleh Partai Demokrat.

Untuk Pilkada Jawa Barat, koalisi tiga partai sepakat mengusung Mayjen (purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu," kata Presiden PKS, Mohammad Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (27/12).

PAN dan PKS awalnya mengusung Deddy Mizwar di Pilgub Jabar. Namun, politik berubah seiring pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Presiden PKS Sohibul Iman pada Sabtu (24/12) lalu.

Pemeran Nagabonar yang awalnya didukung Demokrat, PAN dan PKS punya 28 kursi. Kini hanya tersisa 12 kursi milik Demokrat. Sementara batas kursi yang harus dipenuhi yakni 20 kursi DPRD Jawa Barat.

Gerindra memang punya konflik dengan Deddy. Awalnya partai pimpinan Prabowo itu ingin usung Deddy, sayang di tengah jalan terjadi ketidakcocokan. Ketua DPD Gerindra Jabar, Mulyadi menolak mentah-mentah Deddy.

Kondisi bertambah pelik, di saat Gerindra menanti Deddy Mizwar jadi kader, kenyataannya pemeran Nagabonar itu malah memilih menjadi bagian dari Partai Demokrat.

Gerindra sudah terang-terangan tak lagi mengingkan Deddy Mizwar di Pilgub Jabar. Salah satu bentuk penolakan adalah deklarasi usung Sudrajat sebagai Cagub Jabar.

Tapi, Deddy Mizwar tak mau kehilangan akal. Dia yang telah beranggota kader Demokrat tengah menyiapkan strategi bersama sang ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Berbagai kemungkinan dibahas. Ada plan B, plan C, ya pokoknya ada saja," kata Demiz sambil tertawa saat ditemui usai pertemuan dengan tokoh Jabar di Jalan Trunojoyo, Kota Bandung, Selasa (26/12) petang.

Meski enggan mengungkap semuanya, namun, Deddy membocorkan salah satu rencananya adalah menjalin komunikasi dengan sejumlah pimpinan partai lain.

"Dengan (Ketua DPD Golkar Jabar) Dedi Mulyadi saya komunikasi. Semua komunikasi. Kita kan enggak ada musuh-musuhan," ucapnya. (mdk/rnd)

Baca juga:
Golkar mau koalisi dengan Demokrat, tapi Cagubnya Dedi Mulyadi bukan Demiz
Nusron Wahid pastikan Golkar usung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar
Gerindra, PKS dan PAN sepakat usung Sudrajat-Syaikhu di Pilgub Jabar
Pengamanan Pilkada di Jabar, polisi dapat Rp 145 M dan TNI Rp 26 M
PKS umumkan Cagub Jabar, Jateng dan Sumut sore ini
Ridwan Kamil yakin Uu Ruzhanul tak akan berpaling
Pertemuan dengan PKB, PPP dan NasDem cair, Emil diminta segera umumkan cawagub

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami