PKS Soal Prabowo Masuk Kabinet: Kemarin Jadi Kompetitor, Sekarang Jadi Pembantu

PKS Soal Prabowo Masuk Kabinet: Kemarin Jadi Kompetitor, Sekarang Jadi Pembantu
POLITIK | 21 Oktober 2019 22:11 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak ambil pusing dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang bersedia membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kabinet. Nantinya Prabowo akan mengisi posisi di bidang pertahanan.

"Kita sekali lagi tak punya kuasa untuk menyatakan tidak, karena itu bukan domain PKS, toh itu adalah domain presiden untuk mengundang, dan itu adalah hak Gerindra untuk menerima atau tak menerima," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/10).

Hidayat juga tidak mau berkomentar banyak soal relasi pendukung Prabowo setelah bergabung ke pemerintah. Dia menyerahkan pribadi Prabowo dan sepenuhnya pada masyarakat.

"Itu yang harus mengukur beliau ya. Beliau lah yang pertama kali harus mengukur, apakah itu akan menurunkan marwah beliau, kemarin jadi kompetitor, sekarang jadi pembantu (Jokowi)," ungkapnya.

PKS, lanjutnya juga tidak merasa ditinggal oleh Gerindra yang sebelumnya sempat berkoalisi di Pilpres 2019. Menurut Hidayat, koalisi pilpres sudah bubar sejak lama.

"Jadi tak ada sekarang yang namanya koalisi, jadi yang sudah bubar ya tak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan, jadi masing-masing menjalankan policy partai dan menjalankan sikap itu kepada rakyat, dan tentu pada Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyatakan bersedia diminta membantu Presiden Joko Widodo di kabinet 5 tahun mendatang. Dia mengaku diminta Jokowi membantu di bidang pertahanan.

"Saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Dalam pertemuan dengan Jokowi, Prabowo mengaku diberi pengarahan oleh Jokowi terkait tugas-tugas menteri. Dia berjanji akan bekerja sesuai target dan harapan dari Jokowi.

"Tadi beliau pengarahan dan saya akan bekerja sekeras mungkin untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," terangnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Gerindra Samakan Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Seperti Hillary Gabung Obama
PAN Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Sendiri Putuskan Bantu Jokowi di Kabinet
Gerindra Masuk Kabinet, NasDem Bertahan Atau Jadi Partai Oposisi?
Prabowo Ikuti Jejak Wiranto: Berkali-Kali Ikut Pilpres Akhirnya Jadi Menteri
Puan Sebut kalau Prabowo Jadi Menhan, Harus Bisa Beri Solusi untuk Bangsa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami