Politikus PKS nilai Menhan Purnomo bermanuver soal Cebongan

Politikus PKS nilai Menhan Purnomo bermanuver soal Cebongan
Purnomo Yusgiantoro. ©2012 Merdeka.com
POLITIK | 12 April 2013 18:12 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Anggota Komisi I DPR Mardani Ali Sera mengatakan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro bermanuver soal kasus penembakan empat tahanan oleh 11 prajurit Kopassus di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

"Ada indikasi melokalisir tanggung jawab. Pendapat saya, laksanakan pengadilan yang terbuka seperti yang dijanjikan," kata Mardani saat dihubungi, Jumat (12/4).

Menurut politikus PKS itu, penyerangan Lapas Cebongan jelas adalah pelanggaran HAM. Terlebih, penembakan itu sebagai bentuk ketidakpercayaan publik kepada sistem hukum.

"Membunuh atau menghukum seseorang dalam negara hukum dilakukan melalui institusi pengadilan. Itu jelas," terangnya.

Sebelumnya, Menhan Purnomo menegaskan, penyerangan Lapas Cebongan yang dilakukan oleh 11 anggota Kopassus bukan termasuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Menurut dia, penyerangan ini dilakukan secara spontan tanpa perintah pimpinan, sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM.

"Ini bukan pelanggaran HAM," ujar Purnomo di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (11/4).

Purnomo mengatakan, kasus Cebongan tidak mengandung unsur pelanggaran HAM karena tidak dilakukan secara terstruktur dan sistematis. (mdk/ren)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami