PPP: PT harus naik dari 2,5 persen

PPP: PT harus naik dari 2,5 persen
NEWS | 14 Maret 2012 15:50 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menginginkan agar parliamentary threshold

(PT) naik dari 2,5 persen. Meski begitu, partai berlambang kabah ini memilih fleksibel terhadap beberapa suara dari sejumlah partai lainnya sebelum ditetapkan dalam RUU Pemilu.

"Untuk PT dari PPP bisa naik dari 2,5 persen. Kita akan bicarakan lagi. PPP fleksible lah, tapi tentu ada batas-batas tertentu yang memungkinkan demokrasi betul-betul bulat. Karena dengan 2,5 persen saja, ada kurang lebih 16 juta suara yang hilang," ujar Ketua Umum PPP Suryadharma Ali di Istana Negara, Rabu (14/3).

Menurut dia, masih terdapat beberapa kemungkinan yang dibicarakan oleh DPR untuk mendapat kesepakatan. Terlebih, ide untuk menetapkan PT menjadi 4 persen masih menjadi tarik menarik antarfraksi di DPR.

"Kalau 4 persen, hasil suara calon dari partai tententu yang dia tidak dapat angka PT, tapi dia dapat suara, kemudian batal. Nah (suara) ini dikemanakan. Kalau diambil oleh partai besar, nggak etis dong. Masa makan keringat orang lain. Kalo dibuang, suara masyarakat tidak terwakili," ujarnya.

Sementara, PPP juga telah mengambil sikap untuk penggunaan sistem terbuka atau tertutup pada Pemilu 2014 nanti.

"Cenderung sistem tertutup. Secara sepintas, saya bandingkan output pemilu dengan sistem tertutup dan terbuka khususnya legislatif, yang tertutup jauh lebih baik. Mereka kosong pada tahun kelima, menjelang pemilu lagi. Sekarang tahun pertama, baru masuk sudah kosong (ruangan)," pungkasnya.

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami