Prabowo Bentuk Tim Seleksi Pimpinan DPR dan DPRD Kabupaten/Kota

POLITIK | 19 Juli 2019 14:08 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto membentuk tim seleksi nama anggota legislatif terpilih untuk menduduki jabatan strategis di DPR RI, DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tim itu dibentuk Prabowo saat melakukan rapat dengan Dewan Pembina Gerindra di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7).

"Berdasarkan anggaran dasar, kewenangan untuk menetapkan pimpinan DPR RI, ketua DPR provinsi, wakil ketua DPR provinsi, ketua DPR kabupaten/kota, wakil ketua kabupaten kota adalah wewenang Ketua Dewan Pembina. Oleh karena itu, kita bentuk tim untuk menseleksi nama-nama dimaksud untuk menempati posisi strategis di DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota," kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Hambalang, Jumat (19/7).

Muzani menjelaskan, berdasarkan laporan hasil pemilu legislatif dari keputusan KPU, Gerindra mendapatkan sebanyak 78 kursi DPR RI, serta 2.245 anggota DPRD terpilih untuk di seluruh Indonesia.

Atas perolehan itu, Gerindra telah menentukan posisi strategis sebagai pimpinan baik di DPR RI maupun DPRD. Anggota dewan terpilih yang mengisi posisi tersebut akan diseleksi melalui tim.

"Dari jumlah itu kita menempatkan 3 orang, 1 orang wakil ketua DPR RI, 3 orang ketua DPR provinsi. 50 Ketua DPRD kabupaten/kota dan ada kurang lebih 164 wakil ketua DPRD kabupaten/kota dan 22 wakil ketua DPRD provinsi," kata Muzani.

Muzani menambahkan, dalam rapat Dewan Pembina itu menyetuji dan merekomendasi untuk melakukan konsolidasi partai secara menyeluruh baik di tingkat legislatif, kader, dan struktur partai.

"Di tingkat legislatif kita akan adakan upgrading dan pertemuan, bagi peningkatan mutu dan peningkatan kualitas anggota dewan agar fungsi kedewanan dapat dilakukan dengan baik. Agar menegakkan dan mewujudkan keadilan dan kemakmuran seperti yang kita cita-citakan agar kita bisa mewujudkan secara maksimal," tandasnya.

Baca juga:
Dewan Pembina Gerindra Serahkan ke Prabowo Mau Oposisi atau Koalisi
Tolak Usul Gerindra, Golkar Sebut Rekonsiliasi Bukan Bagi Kursi Ketua MPR
Sodik Mujahid: Komposisi Terbaik, PDIP Ketua DPR, Gerindra Ketua MPR
Prabowo Kumpulkan Dewan Pembina Gerindra, Bahas Pertemuan dengan Jokowi
Prabowo Kumpulkan Dewan Pembina Gerindra di Hambalang, Jelaskan Langkah Rekonsiliasi
PAN Koalisi Rasa Oposisi, Gerindra Dinilai Lebih Bisa Diterima Pendukung Jokowi
Soal Paket Pimpinan MPR, Sekjen Gerindra Sudah Lobi Cak Imin

(mdk/rnd)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com