Prabowo-Hatta: Tes kesehatannya banyak

POLITIK | 23 Mei 2014 12:19 Reporter : Angga Yudha Pratomo

Merdeka.com - Pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa keluar gedung Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di sela-sela jalani tes kesehatan. Keduanya akan melakukan salat Jumat di lantai 2 rumah sakit tersebut.

Pantauan merdeka.com, Jumat (23/5), saat keluar ruang pemeriksaan, Prabowo-Hatta sudah berganti pakaian memakai baju koko. Keduanya pun menyapa sambil melambaikan tangan kepada awak media yang telah menunggunya. Namun, tak berselang lama, keduanya kembali masuk ruangan.

Menurut Hatta, pada tes kesehatan capres dan cawapres ini banyak rangkaian tes yang harus di jalaninya. Namun, dia tidak membeberkan keseluruhan tahapan tersebut.

"Tesnya (kesehatannya) banyak," kata Hatta.

Berada di sampingnya, Prabowo mengungkapkan hal serupa. Tetapi, kali ini dia menunjukkan apa saja yang dijalaninya dalam tes kesehatan tersebut.

"Banyak tesnya. Masuk ke sini (tunjuk hidung), masuk ke sini (tunjuk kuping," ujar Prabowo.

Seperti ketahui, Direktur RSPAD Brigjen TNI Douglas S.Umboh menyatakan, bahwa pemeriksaan Prabowo-Hatta ini akan berlangsung lama.

"Nanti kepotong salat Jumat. Telah mengatur salat Jumat dilakukan di areal Rumah Sakit. Selesai bisa lebih lama karena terpotong salat Ashar juga," ungkap Douglas di Jakarta, Jumat (23/5).

Untuk diketahui, rangkaian pemeriksaan kesehatan meliputi beberapa unsur. Di antaranya, pemeriksaan sejarah kesehatan, pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikis, serta pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan kesehatan jasmani atau fisik meliputi pemeriksaan kondisi internal tubuh seperti pemeriksaan jantung, pembuluh darah, paru-paru, bedah, eurologi, ortopedi, saraf, mata, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Adapun pemeriksaan penunjang terdiri dari tes ultrasonografi abdomen, kardio, treadmill test, rontgen, tes dengan spirometer, audiometer, MRI, hingga CT scan. Sementara pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah dan urine yang terdiri dari hematologi, tes faal, ginjal, dan mencari jika ada indikasi tumor

(mdk/lia)