Presiden PKS Heran dengan Sikap Gerindra yang Ogah Fit and Proper Test Cawagub DKI

POLITIK | 29 Januari 2020 20:12 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman minta pemilihan Cawagub DKI dilakukan fit and proper test. Dia pun heran dengan sikap Partai Gerindra yang tidak mau fit and proper test pada proses pemilihan Cawagub.

Padahal, Sohibul bilang, Gerindra Ingin ada fit and proper test pada saat PKS menyodorkan Cawagub DKI sebelumnya yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Sebagai pengusung kita sangat optimis, makanya kami berharap perlu dilakukan fit and proper test. Kan saat kami mengusung dua calon dari PKS sebelumnya, Gerindra minta fit and proper test, kenapa sekarang tidak," kata Sohibul di DPP NasDem, Jakarta, Rabu (29/1).

Sohibul merespons pernyataan Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra M Taufik yang menyebut tidak ada fit and proper test dalam tatib pemilihan Wagub. Sohibul pun merujuk pada awal-awal pemilihan wagub DKI di mana semua calon dari PKS, ada proses fit and proper test.

Untuk diketahui, Pada Senin 18 Februari 2019 silam, M Taufik sempat melaporkan hasil fit and proper test itu kepada Gubernur Anies Baswedan.

"Kalau itu masalahnya kenapa dulu ada fit and proper test? Ini kan untuk melihat mana yang lebih penting jangan membeli kucing dalam karung. Harus kita buka kompetensinya, track record," ujar Sohibul.

Sohibul pun ingin pemilihan Wagub DKI rahasia. Hal itu guna menjamin kemerdekaan pilihan politik masing-masing anggota DPRD.

"Nanti pemilihan setiap anggota dewan itu tertutup untuk menjamin mereka pemilihan sesuai dengan hati nurani," pungkasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
DPRD DKI Gelar Rapimgab Bahas Tata Tertib Pemilih Calon Wakil Gubernur 4 Februari
Presiden PKS Yakin Nurmansjah Cocok Duet dengan Anies di DKI
Soal Wagub DKI, Paloh Belum Putuskan Dukung Calon dari PKS atau Gerindra
Cawagub DKI Nurmansjah Ingin Ada Uji Kelayakan dan Kepatutan
VIDEO: Langkah Politik Nurmansjah Jelang Pemilihan Wagub DKI
Cawagub DKI Nurmansjah akan Segera Temui Anies: Mau Dikawinin Nih Kita

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.