Presiden PKS Sebut Keputusan Prabowo Gabung Jokowi Atas Dasar Kalkulasi Rasional

POLITIK | 22 Oktober 2019 20:48 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Presiden PKS Sohibul Iman menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam itu, Sohibul menjelaskan alasan Prabowo memutuskan bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Mengulang pernyataan Prabowo, Sohibul mengatakan kalkulasi rasional lah yang menjadi dasar Capres 2019 tersebut merapat ke kabinet kerja jilid II.

"Mereka melihat kalau masuk ke dalam pemerintahan mereka bisa kontribusi lebih baik dan itu kita hormati," ujar Sohibul kepada wartawan, Selasa (22/10).

Dia pun menegaskan PKS tidak mengkritik sikap Prabowo yang akhirnya merapat ke kubu mantan pesaingnya di Pilpres 2019. Sohibul menyebut PKS menghargai niat Prabowo yang ingin berkontribusi untuk negara.

Sebagai kolega, Sohibul mendoakan Prabowo bisa menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan dengan baik. Dia berharap Prabowo mampu meningkatkan taraf Indonesia di kancah dunia sebagai negara dengan sisi pertahanan.

"Kami memberikan doa kepada Prabowo agar dalam pengabdiannya dalam pemerintahan Jokowi, beliau bisa menjalankan amanah dengan sebaiknya, sukses. Bahkan mampu meningkatkan kualitas pertahanan Indonesia supaya menjadi negara dari segi pertahanan disegani bangsa-bangsa lain," ujarnya menaruh asa ke Prabowo.

Sementara itu, Sohibul menuturkan pihaknya konsisten berada di luar pemerintahan sebagai penyeimbang.

Diketahui, Senin (21/10) Prabowo Subianto menyatakan bersedia diminta membantu Presiden Joko Widodo di kabinet 5 tahun mendatang. Dia mengaku diminta Jokowi membantu di bidang pertahanan.

"Saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo di Istana Kepresidenan.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, Prabowo mengaku diberi pengarahan oleh Jokowi terkait tugas-tugas menteri. Dia berjanji akan bekerja sesuai target dan harapan dari Jokowi.

"Tadi beliau pengarahan dan saya akan bekerja sekeras mungkin untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," terangnya.

Baca juga:
Gandeng Prabowo Jadi Menteri, Nyali Politik Jokowi Diragukan
TB Hasanuddin Sebut Pensiunan Jenderal Tak Bisa Naik Bintang
Sambangi Kediaman Prabowo, Presiden PKS Bicara Keputusan Politik Gerindra
Ini Daftar Sementara Jatah Menteri Jokowi dari Parpol dan Profesional
Gerindra Yakin Relawan Dukung Pilihan Prabowo Jadi Menteri

(mdk/ray)