PSI: Giring Bukan Ujaran Kebencian pada Anies, Agar Rakyat Cermat Pilih Pemimpin

PSI: Giring Bukan Ujaran Kebencian pada Anies, Agar Rakyat Cermat Pilih Pemimpin
Giring Ganesha. ©2019 Merdeka.com
NEWS | 23 September 2021 10:13 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan, pernyataan Plt Ketua Umum Giring Ganesha bukan sebuah ujaran kebencian terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pernyataan Giring itu diklaim sebagai sebuah bentuk pendidikan politik agar masyarakat cermat memilih pemimpin.

"Bro Giring menyampaikan fakta-fakta kepada publik terkait kebohongan Gubernur Anies terhadap rakyatnya. Ini sangat jelas bukan penyebaran kebencian, melainkan pengungkapan kebenaran. Juga merupakan pendidikan politik kepada rakyat agar benar-benar cermat dalam memilih pemimpin," kata Juru Bicara DPP PSI, Nanang Priyo Utomo dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Dia menegaskan, pernyataan Giring ditopang data kuat. Salah satunya terkait dana Rp1 triliun sebagai commitment fee diambil dari APBD selama lima tahun untuk Formula E.

Anies sebagai gubernur DKI Jakarta, dinilai inkonsisten antara pernyataan dan perbuatan. Dalam hal penyelenggaraan Formula E yang terus berjalan.

"Beliau mengatakan peduli dengan pandemi, tetapi ada anggaran yang dialokasikan untuk Formula E hampir Rp1 triliun. Kalau benar-benar peduli, uang sebanyak itu ya dipakai untuk penanganan pandemi dan membantu rakyat yang terdampak," ucap Nanang.

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta semakin tegas mengusulkan hak interpelasi terkait Formula E terhadap Anies dengan pernyataan Giring.

"Antara interpelasi dengan pernyataan Bro Giring saling berkaitan dan selaras. Pernyataan Bro Giring justru menggarisbawahi dan mendukung langkah kawan-kawan di DPRD yang mengajukan interpelasi," kata Nanang.

Kritik Giring

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PSI, Giring Ganesha menegaskan kritik kerasnya terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bukan sebagai langkah menjatuhkan. Ia pun menekankan langkah interpelasi yang diinisiasi PSI bukan sebagai langkah menurunkan Anies dari jabatannya.

"Sekali lagi, PSI tidak ingin menjatuhkan Gubernur Anies lewat hak Interpelasi, karena bertanya adalah hak yang konstitusional," ujar Giring kepada merdeka.com, Selasa (21/9).

Hanya saja, Giring mengatakan, kritik pedas hingga mencuatnya narasi pembohongan publik oleh Anies terkait Formula E lantaran rencana Anies sangat bertolak belakang dengan kondisi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Kasus Formula E adalah contoh paling lugas dan jelas kebohongan Pak Gubernur Anies memimpin. Pada saat rakyat DKI Jakarta kehilangan pekerjaan, ada anggota keluarga meninggal atau bahkan terkena Covid 19, uang pajak mereka justru dipakai untuk acara balapan Mobil Formula E," tegasnya.

PAN Bela Anies

Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio meminta Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha jangan cuma bisa beropini kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia mendorong Giring untuk menyampaikan solusi.

"Menurut saya lebih baik kalaupun mau protes harus ada juga solusinya, jangan hanya sekadar menyerang," ujar Eko di DPR RI, Rabu (22/9).

"Jadi buat saya, sahabat saya Giring ya, apapun bentuknya kalau mau lakukan sesuatu jangan hanya beropini, tapi juga tawarkan solusinya," tegasnya.

Menurut Eko, jika memang Anies bermasalah pasti sudah ada proses hukum baik pidana maupun perdata. Namun, kata dia, sampai hari ini tidak terlihat. "Sampai sekarang kan langsam-langsam saja, artinya kan tidak ada masalah, itu satu," kata Eko.
Kata dia, Anies juga terbukti berhasil menangani pandemi Covid-19 di Jakarta. Terutama soal masalah vaksin yang sudah mencapai target.

"Kalau bicara masalah Anies terbukti loh kalau buat saya kemarin pandemi Jakarta lebih baik, lebih bagus menyikapinya berkaitan dengan keberadaan vaksin itu kan kalau dia tidak punya kedekatan dengan pemerintah pusat dan sebagainya, daerah-daerah masih kekurangan vaksin (sedangkan) kita sudah vaksin bahkan sudah dua kali dan nomor satu di Jakarta," katanya. (mdk/rnd)

Baca juga:
VIDEO: Giring PSI Ajak Rakyat Tak Dukung Anies Jika Maju di Pilpres 2024
PSI Jelaskan Maksud Giring Sebut Anies Pembohong
Eko Patrio soal Giring Kritik Anies: Jangan Hanya Beropini, Tawarkan Solusi
Wagub DKI Ingatkan Giring: Kata dan Perbuatan Harus Selaras
Giring Soal Kritik ke Anies: Bukan untuk Menjatuhkan
PSI Sebut Anies Pembohong, PKS Pasang Badan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami