Puan Ingatkan Pemerintah: Temukan Formula yang Tepat Sebelum Hapus PPKM

Puan Ingatkan Pemerintah: Temukan Formula yang Tepat Sebelum Hapus PPKM
Penutupan masa sidang DPR. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 25 Mei 2022 19:10 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan strategi yang matang dan komprehensif sebelum mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Puan meminta masyarakat hati-hati agar tidak menimbulkan euforia di masyarakat.

"Perlu ada strategi yang matang dan komprehensif mengenai rencana pencabutan PPKM, agar tidak menimbulkan euforia berlebihan di tengah masyarakat," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5).

Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum resmi belum mencabut status pandemi Covid-19. Pemerintah diminta untuk bekerja sama dengan pakar dan epidemiologi untuk mengevaluasi kebijakan PPKM.

"Temukan formula yang tepat sehingga saat PPKM nantinya dicabut, masyarakat sudah siap dan memahami bagaimana agar tetap hati-hati dan waspada menjalankan aktivitas mereka sehari-hari," ujar Puan.

2 dari 3 halaman

Mantan Menko PMK ini mengaku paham kondisi pandemi di Indonesia sudah terkendali. Namun, perlu perencanaan matang agar masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19.

"Bagaimana juga psikososial masyarakat terhadap kebiasaan baru setelah adanya Covid-19. Jangan sampai ada gesekan terjadi karena kurangnya kesiapan masyarakat menghadapi era kehidupan baru pasca pandemi," kata Puan.

Dia mengingatkan, pemerintah mewaspadai berbagai kemungkinan bisa terjadi apabila kebijakan tersebut diterapkan. Apalagi ada kemungkinan Covid-19 bermutasi.

"Kita juga perlu berkaca dari pengalaman negara lain yang kasusnya kembali meningkat ketika mulai melakukan pelonggaran secara masif," kata Puan.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy angkat bicara soal kemungkinan kebijakan PPKM ditiadakan atau dihapus, usai kasus Covid-19 semakin terkendali. Menurut dia, kelanjutan soal PPKM akan diputuskan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Mengenai PPKM tentu saja kita dengan kondisi yang sudah semakin menurun ini kita tinggal menunggu perintah dari Bapak Presiden. Insyaallah itu akan dilakukan oleh Bapak Presiden," kata Muhadjir dalam konferensi pers usai rapat evaluasi mudik bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/5).

Dia menyampaikan situasi Covid-19 di Indonesia mulai membaik. Muhadjir menyebut kasus Covid-19 pun tak mengalami lonjakan yang signifikan pasca mudik Lebaran 2022.

"Alhamdulillah sampai sekarang juga covid tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan bahkan cenderung menurun," jelasnya.

(mdk/rnd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami