Puan Maharani Akui Calon Kuat Ketua DPR, Keputusan di Tangan Megawati

POLITIK | 25 Juni 2019 12:45 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Nama Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) non aktif, Puan Maharani digadang-gadang sebagai Ketua DPR periode 2019-2024. Puan pun membenarkan bahwa dirinya adalah salah satu calon kuat menjabat sebagai Ketua DPR dari PDIP.

"Ya mungkin bisa jadi salah satu calon yang kuat. Baru salah satu calon yang kuat karena keputusannya akan diputuskan oleh ibu ketum," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6).

Puan menjelaskan alasan mengapa namanya menjadi salah satu kandidat Ketua DPR. Kata dia, semua itu dikarenakan dia meraih suara terbesar di PDIP pada tingkat nasional.

"Ya kan sesuai dengan proses pemilu yang lalu juga alhamdulillah saya bisa kemudian mendapatkan suara terbanyak nasional," ungkapnya.

Meski begitu, Puan yang juga Menko PMK ini menegaskan semua itu akan diserahkan sepenuhnya pada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai dengan peraih suara terbanyak di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. PDIP memperoleh suara sebesar 27.053.961 suara atau setara dengan 19,33 persen. Disusul Partai Gerindra di posisi nomor dua.

Hasil pileg ini ditetapkan dalam Keputusan nomor 135/PL/KPU/V/2019 tentang penetapan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD tahun 2019. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri dari perolehan suara di 34 provinsi dan 130 PPLN. Jumlah seluruh suara sah tercatat 139.971.260 suara.

Baca juga:
Ketum Golkar Lobi Pimpinan Partai untuk Amankan Kursi Ketua MPR
Mega Soal Puan Calon Ketua DPR: Sebagai Ibunya Senang, Tapi Tunggu Dulu
Jusuf Kalla Sebut Partai Golkar Layak Dapat Kursi Ketua MPR
Selain Golkar dan PKB, NasDem Juga Incar Kursi Ketua MPR
Soal Pembahasan Jatah Ketua MPR, PDIP Tunggu Pengumuman Resmi KPU
Berebut Ketua MPR dengan Golkar, Cak Imin Bilang PKB Latar Belakang NU
Saat Dua Partai Besar Koalisi Jokowi Berebut Kursi Ketua MPR

(mdk/bal)