Puan Maharani Sangat Mudah Jadi Presiden, Asal Lakukan 3 Poin Ini

Puan Maharani Sangat Mudah Jadi Presiden, Asal Lakukan 3 Poin Ini
Peluncuran Tahapan Pemilu 2024. ©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
NEWS | 28 Juli 2022 05:03 Reporter : Alma Fikhasari

Merdeka.com - Pakar Komunikasi Politik dan Kebijakan, Riant Nugroho memprediksi, Ketua DPR Puan Maharani mudah mendapatkan tiket menjadi presiden di 2024. Namun, ia mengatakan, Puan harus memiliki tiga poin penting.

Pertama, instruksi atau perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta Puan untuk turun konsolidasi melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan partai politik lain harus dijalankan.

"Proses yang namanya kita bilang safari politik Mbak Puan itu harus lakukan. Karena kalau tidak akan kekurangan daya dorong untuk memenangkan validasi ini. Karena ini yang harus dikerjakan oleh kandidat politik dimanapun," kata Riant, dalam diskusi di Jakarta, Rabu (27/7).

Lebih lanjut, poin kedua, Riant menekankan, untuk mempermudah jalan, Puan harus memperdalam gaya komunikasi politik.

2 dari 4 halaman

Dia menyebut, Puan harus menunjukan jati dirinya sendiri. Meskipun tak menampik title sebagai anak Megawati Soekarnoputri melekat pada dirinya. Menurut Riant, Puan harus memiliki ciri khas tersendiri.

Puan juga, kata Riant, harus mampu melepas kekauan saat menghadapi masyarakat. Seperti, Presiden Joko Widodo yang tidak kaku atau menerima ajakan berswafoto oleh masyarakat.

"Kalau saya berikan gambaran, saya serahkan komunikasi politik Mbak Puan harus tetap kepada core competence (kompetensi dasar) dan dia punya harus memiliki keunggulan," ucapnya.

"Jadi pertama dia tetap pada kemampuan dia yang inti. Jangan berubah Mbak Puan tetap Mbak Puan," sambung Riant.

3 dari 4 halaman

Terakhir, Puan harus bisa memanfaatkan jabatannya sebagai Ketua DPR RI untuk meningkatkan komunikasi kebijakan agar mampu mengeluarkan kebijakan politik. Yang mana, dapat memberikan nilai plus tersendiri untuk Puan dimata masyarakat.

Seperti, saat Puan mengesahkan RUU TPKS menjadi UU. Kebijakan tersebut mendapat respon baik di masyarakat dan mampu mendongkrak nama Puan.

"Menjadi Mbak Puan ini sebenarnya sangat mudah menjadi presiden. Beliau adalah ketua DPR RI, ketua parlemen dia itu mewakili perwakilan secara politik," ungkap Riant.

"Jadi Mbak Puan itu mempunyai amunisi dan juga senapan untuk berbicara. Senapannya adalah beliau menjadi ketua DPR amunisinya beliau bicara kebijakan negara," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Selain itu, jabatan ketua DPR itu juga dapat digunakan saat turun ke lapangan. Sehingga tak hanya jabatannya sebagai Ketua DPP PDIP saja yang dibawa. Namun jabatannya sebagai Ketua DPR RI juga harus dibawa. Sebab, daya dorong sebagai Ketua DPR RI lebih kuat.

"Beliau kalau mau running betul jangan hanya bicara PDIP. Kalau beliau sebagai ketua DPR menyampaikan kebijakan negara sehingga dia mengkomunikasi kebijakan maka dia lebih baik," ujarnya.

Sehingga, tiket yang sudah dimiliki oleh Puan alangkah lebih baik dipergunakan, agar Puan dapat dengan mudah menjadi presiden di 2024.

"Kalau punya tiket jangan disia-siakan dan kalau punya tiket harus diperjuangkan," imbuh Riant.

Baca juga:
Mantan Pengurus PDIP DKI Jakarta Dukung Ganjar Jadi Capres 2024
Segera Deklarasi Bareng PKB, Gerindra Harap Ada Tambahan Anggota Koalisi
PPP Kasih Syarat, PAN Tegaskan Tiga Ketum KIB Berpeluang Jadi Capres
Peluang Deklarasi Prabowo-Cak Imin di Rapimnas Gerindra, Dasco: Lihat Nanti
Rapimnas Jadi Momen Gerindra Deklarasi Koalisi dengan PKB
Rapimnas Gerindra Diundur, Prabowo Beri Jawaban Maju Capres 13 Agustus 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini