Puan Soal Gibran Maju Pilwalkot Solo: Semua Orang Berhak Mencalonkan Diri

POLITIK | 9 Oktober 2019 14:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara mengenai rencana Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Jokowi maju di Pilwalkot Solo 2020. Puan menegaskan, hal itu adalah hak tiap warga negara Indonesia.

"Semua orang punya berhak dan punya hak untuk bisa mencalonkan dirinya dalam Pilkada 2020," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (9/10).

Puan mempersilakan Gibran mendaftar lewat PDIP, akan tetapi ia mengingatkan partai berlambang banteng itu memiliki mekanisme khusus.

"Tetapi PDIP kan punya mekanisme, untuk bisa menjalankan mekanisme itu terlebih dahulu supaya proses yang ada di lapangan bisa diikuti secara baik. Jadi ya monggo saja kalau mau mendaftar," ucapnya.

Ketua DPR itu enggan menjawab peluang Gibran memenangkan Pilwakot. Ia juga tak mau berkomentar mengenai tudingan beberapa pihak bahwa Gibran dapat merusak citra Jokowi yang tidak haus kekuasaan.

"Jangan tanya ke saya, tanya ke bersangkutan, cita-citanya apa. Pasti semua orang mempunyai kemauan dan cita-cita, ya kalau memang cita-citanya itu dianggap bisa memperbaiki Solo ya itu kan hak setiap warga negara," katanya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Fahri Hamzah Sebut Citra Jokowi Tergerus Kalau Gibran Ikut Pilkada
Tak Hadiri Acara Presiden, FX Rudy Minta Tak Dikaitkan dengan Pencalonan Gibran
Peluang Gibran Maju Wali Kota Solo
Cerita Gibran Masuk Politik
PSI Siap Kumpulkan 40 Ribu KTP Untuk Gibran di Pilwalkot Solo
Ganjar Sebut Darah Politik Gibran Mengalir dari Jokowi

(mdk/eko)