Puan Tegaskan PDIP Solid Berharap Megawati Kembali Jadi Ketum

POLITIK | 25 Juni 2019 12:41 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nonaktif Puan Maharani mengatakan partainya solid untuk kembali mendukung Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjabat sebagai ketua umum saat Kongres ke V PDIP dilakukan. Pemilihan itu, kata dia juga akan dibarengi dengan penguatan partai.

"Ya Insyaallah kita (PDIP) semua solid masih berharap ibu Mega berkenan untuk kembali menjadi ketua umum. Tentu saja dengan penguatan-penguatan lain untuk bisa mempersiapkan PDIP lebih bersinergi dengan pemerintah yang akan datang," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6).

Puan tidak menutup kemungkinan penguatan itu melalui penambahan jabatan seperti Ketua Harian dan Wakil Ketua Umum PDIP. Tetapi dua posisi krusial itu nantinya akan dibahas dalam kongres juga.

"Ya nanti itu akan dibicarakan di kongres yang pasti kita semua tetap solid dan ini penguatan kongres bukan berarti akan terjadi hal-hal yang membuat PDIP enggak solid. PDIP solid," ungkapnya.

Meski begitu, ia irit bicara saat ditanya soal namanya yang menjadi kandidat ketua harian dan wakil ketua umum. Puan menegaskan sampai saat ini belum ada perbincangan soal nama pengisi posisi tersebut.

"Enggak tahu saya. Itu belum ada dalam perbincangan," ucapnya.

Sebelumnya, Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pramono Anung meyakini, Megawati Soekarnoputri akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum PDIP. Dalam kongres ke V nanti, kata dia, Megawati akan jadi calon ketua umum secara Aklamasi.

"Dan pasti kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres kemungkinan besar akan aklamasi," kata Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6).

Baca juga:
Didukung Seluruh Pengurus DPD, Megawati Diyakini Bakal Jadi Ketum PDIP Lagi
Raih Suara Terbanyak di Lampung, Eva Dwiana Dinilai Layak Jadi Ketua DPRD
Soal Komposisi Menteri Jokowi Jilid II, PDIP Singgung Perolehan Kursi di DPR
Megawati Puas dengan Kinerja Kader Menangkan PDIP di Bengkulu
PDIP Akan Rombak Struktur Partai Hingga Tingkat Daerah

(mdk/eko)