Quick count menangkan Irsyad-Riang di Pilkada Pasuruan
POLITIK » MALANG | 4 Maret 2013 00:34 Reporter : Moch. Andriansyah

Merdeka.com - Menurut hasil quick count Lembaga Survey Proximity, pasangan Irsyad Yusuf-Riang Kulup Prayuda sukses menyingkirkan lima kompetitornya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasuruan. Pasangan calon nomor empat yang diusung PKB dan Partai Demokrat itu, sukses mengumpulkan 40,75 persen suara.

Data versi hitungan cepat ini, berhasil dikumpulkan pihak Proximity hingga pukul 17.00 WIB dari 150 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan 7.821 orang pemilih dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT), yaitu 11.545.502 orang. Sampel dipilih secara random.

Hasil perolehan suara sementara Pilkada Kabupaten Pasuruan yang digelar, Minggu (3/3) itu menunjukkan, selanjutnya adalah Udik Djanuantoro-Joko Cahyono (18.85 persen), Edy Paripurna-Bambang (15.34 persen), Kelana Aprilianto-Agus Asy'ari (12.36 persen), Anwar Sadad-Dede Angga (8.08 persen) dan Muzammil Syafi'i-Juraida (3.87 persen).

Salah satu tim dari Lembaga Survey Proximity, Ima Edy Nugroho mengatakan, hasil perhitungan cepat yang dilakukan pihaknya ini memiliki margin error +- 1%.

"Hasil perhitungan sementara ini, sudah hampir dipastikan tidak jauh beda dengan hasil perhitungan riil yang dilakukan KPUD. Karena tingkat kesalahan atau margin error-nya hanya mencapai sekitar satu persen saja," kata dia di Surabaya, Minggu (3/3) sore.

Dia juga menjelaskan, kemenangan pasangan calon yang diusung PKB dan Partai Demokrat ini, tak lepas dari figur keduanya yang cukup dikenal di Kabupaten Pasuruan. Selain itu, kedua tokoh ini diusung dua partai besar yang mempunyai 19 kursi di legislatif.

"Salah satu faktor kemenangan pasangan Irsyad Yusuf-Riang Kulup Prayuda, adalah masalah ketokohan keduanya yang sudah cukup mengakar di Kabupaten Pasuruan. Keduanya juga diusung oleh dua partai politik besar," tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, pada pertarungan Pilkada Kabupaten Pasuruan yang digelar hari ini, menghadirkan enam kontestan. Mereka adalah, Eddy Paripurna-Bambang Pujiono yang diusung PDI-P dan koalisi partai non kursi, Udik Djanuantoro-Joko Cahyono (Partai Golkar), Anwar Sadad-Dade Angga (PKNU dan PKS), Irsyad Yusuf-Riang Kulup Prayuda (PKB dan Partai Demokrat), Muzammil Syafi'i-Juraida (calon independen), dan Kelana Aprilianto-Agus Asyari yang diusung Partai Gerindra dan PPP.

TOPIK TERKAIT