Ramai Pengurus Mundur, Ketua MPW Partai Ummat Jabar Minta Biang Kerok Dibuang

Ramai Pengurus Mundur, Ketua MPW Partai Ummat Jabar Minta Biang Kerok Dibuang
Amien Rais saat rilis logo Partai Ummat. ©2020 Istimewa
NEWS | 20 Oktober 2021 14:08 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Fenomena pengunduran diri kader Partai Ummat bentukan Amien Rais terus terjadi di beberapa daerah, termasuk di Jawa Barat (Jabar). Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Partai Ummat Jabar Yani Syafei menyatakan kejadian ini dipicu masalah internal yang tak kunjung dibenahi.

"Karena banyak kepentingan, ambisi pribadi jadinya banyak ribut sampai tidak ingin melebur. DPP pusat mau rekonsiliasi, tapi nggak mau. (Masalah internal) bukan Jabar saja, Batam, Banten, Riau, dan Bengkulu ribut juga," kata Yani saat dihubungi, Rabu (20/10).

Akhir pekan lalu, Ketua DPD Cianjur Hidayat Atori dan Wakil Ketua DPD Wawan Kuswara menyatakan bahwa para pengurus Partai Ummat se-Kabupaten Cianjur mengundurkan diri. Aksi serupa terjadi di Cirebon dan Depok.

Yani menganalogikan masalah internal Partai Ummat dengan sebuah keluarga yang tak harmonis. Suami dan istri terus ribut, anaknya pun terganggu dengan pertengkaran hingga melarikan diri.

"DPP juga sejak awal tidak memberikan SOP, sistem untuk mencegah hal seperti ini. Kalau begini terus, bisa terulang lagi seperti PAN jadinya mengganggu persiapan ke depan. Udah dua tahun masalahnya (berjalan). (Saya memprediksi) DPD lain banyak yang mundur," lanjutnya.

Ia menilai perjalanan partai masih panjang untuk menghadapi kontestasi politik, yang terdekat yaitu Pemilihan Umum 2024. Yani berharap semua pengurus harus bisa berdamai dan mulai melakukan rekonsiliasi.

"Kalau saya optimis sih partai ini tidak akan bubar, asal biang keroknya dibuang. Oknum yang punya kepentingan atau ambisi pribadi, membuat kubu. Harus dibenahi secepatnya, jangan sampai mengurusi gonjang-ganjing internal saja," pungkasnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Ratusan Kader dan Pengurus Partai Ummat Kota Batam Mengundurkan Diri
VIDEO: Ini Reaksi Amien Rais Lihat Kader Partai Ummat Kecewa dan Mundur Massal
Ketum Ridho Rahmadi Tak Permasalahkan Loyalis Hengkang dari Partai Ummat
Partai Ummat Siap Kompetisi pada Pemilu 2024
Bersurat ke Amien Rais, Neno Warisman Nyatakan Mundur dari Partai Ummat
PAN Tanggapi Partai Ummat Sah jadi Parpol: Semoga bisa Bangun Demokrasi di Internal

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami