Rano Karno dan Desmond J Mahesa Kuasai Banten di Pileg 2019

POLITIK | 13 Mei 2019 16:04 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Mantan Gubernur Banten Rano Karno melenggang mulus ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari PDIP. Pemeran 'Si Doel Anak Sekolahan' ini berhasil mendapatkan 274.294 suara di Dapil Banten III meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Di Kabupaten Tangerang, Rano berhasil mendapatkan 101.369 suara, Kota Tangerang mendapatkan 87.497 suara dan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan 85.428 suara.

Caleg dari PDIP nomor urut 1 ini diketahui tak hanya memperoleh suara tertinggi se-Tangerang Raya, tapi juga di seluruh dapil yang ada di provinsi Banten.

Sekretaris DPD PDIP Banten Ananta Wahana mengatakan sosok yang populer menjadi faktor utama perolehan suara Rano Karno tinggi. Selain dikenal sebagai pemain sinetron Rano pun pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Tangerang, Wakil Gubernur Banten dan Gubernur Banten.

"Orang banyak kenal dia. Dan saya melihat ketika Pak Rano belum berhasil sebelumnya menjadi Gubernur 2 periode menjadi bahan evaluasi sehingga Pileg Pilpres ini rajin sekali (bertemu masyarakat)," kata Ananta kepada wartawan, Senin (13/5).

Kemudian, suara tertinggi se-Banten kedua adalah Desmond J Mahesa dari partai Gerindra mendapatkan 103.837 suara. Desmond maju di dapil Banten II meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Suara tertinggi ketiga yakni Sufmi Dasco Ahmad dari partai Gerindra mendapatkan 99.002 suara. Ia maju di dapil Banten III bersaing dengan Rano Karno.

Baca juga:
Rekapitulasi Nasional KPU: Jokowi Kalahkan Prabowo di DIY, Ini Selisihnya
Wapres JK: Lima Tahun Lalu yang Dukung Pak Prabowo Akhirnya Dukung Pak Jokowi
Rekapitulasi KPU Banten Selesai, Bawaslu Soroti Kesalahan Administrasi
KPU: Sulsel, Maluku dan Papua Masih Rekapitulasi Tingkat Kecamatan
Bamsoet Jamin UU MD3 Tak Direvisi, Jatah Ketua DPR Milik PDIP
Eggi Sudjana dan Bachtiar Nasir jadi Tersangka, JK Bilang Bukan Karena Oposisi
Real Count KPU Hampir 80 Persen, Inilah Selisih Suara Jokowi dan Prabowo

(mdk/rnd)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com