Respons Serupa Jokowi, Puan dan Prabowo Tanggapi Deklarasi Anies Capres NasDem

Respons Serupa Jokowi, Puan dan Prabowo Tanggapi Deklarasi Anies Capres NasDem
NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 6 Oktober 2022 08:01 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Deklarasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden oleh Partai NasDem menuai respons banyak pihak. Ada yang mendukungnya, ada juga yang santai dengan pencalonan Anies.

Namun, ada tiga tokoh yang memiliki respons hampir mirip. Yaitu Presiden Joko Widodo, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, hingga Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Ketiganya terlihat enggan menanggapi pencalonan Anies Baswedan.

Presiden Joko Widodo menolak memberikan komentar terhadap pencalonan Anies sebagai presiden. Jokowi beralasan masih dalam suasana duka akibat Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter.

"Saya tidak ingin berkomentar karena posisinya masih kita dalam suasana duka," kata Jokowi usai acara Groundbreaking Wavin Manufacturing Indonesia di Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10).

Ketua DPR yang juga politikus PDIP Puan Maharani juga punya respons yang mirip dengan Jokowi. Puan menghargai sikap politik NasDem yang punya mekanisme internal untuk menetapkan calon presiden. Hanya, ia ogah menanggapi lebih lanjut dengan dalih masih dalam duka Tragedi Kanjuruhan.

"Jadi ya itu saat ini saya kita semua sedang dalam situasi duka terkait dengan banyak sekali korban yang berjatuhan dalam kejadian yang ada di stadion Kanjuruhan," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10).

"Lebih baik kita fokus dulu untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Sementara itu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tidak mau berkomentar soal pencalonan Anies.

Prabowo menjawab pertanyaan wartawan ketika menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10).

"Ini hari ulang tahun TNI, nanya NasDem," seloroh Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10).

3 dari 3 halaman

Respons Jokowi Versi Surya Paloh

Sebelumnya Ketua Umum NasDem Surya Paloh mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung di 2024. Ketika deklarasi ini, Paloh menjelaskan juga respons Jokowi menjelang deklarasi capres NasDem. Jokowi tidak masalah dengan deklarasi itu.

"Ketika ditanya apakah sudah bicarakan, apa tanggapan beliau (Jokowi) pencalonan bung Anies, beliau ucapkan 'ya baik, bagus. saya menghargai itu', saya pikir ini lebih dari cukup," kata Surya Paloh ketika deklarasi Anies sebagai calon presiden di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Surya Paloh mengatakan selalu intensif berkomunikasi dengan Jokowi. Bahkan, pertemuan rutin sering dilakukan dengan Jokowi. Paloh menyebut bakal bertemu lagi dengan Jokowi dalam waktu dekat.

"Saya juga akan bertemu kembali karena memang komunikasi yang terjalin selama hampir tujuh tahun lebih berjalannya intens, hampir rutin pertemuan saya," papar Paloh.

(mdk/cob)

Baca juga:
PKS DIY Usulkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres di Pilpres 2024
Anies: Saya Beruntung Wagubnya Riza, Jika Ada Kerumitan Dia yang Maju Duluan
Jelang Akhir Tugas, Gubernur Anies Pamit ke Petugas Lapangan DKI
Akbar Tanjung Dukung Anies Maju Pilpres: Kuat Peluang untuk Jadi Presiden
PSI Nilai Penanganan Banjir di Jakarta Belum Ada Kemajuan
Relokasi Tugu 66 Selesai, Kini Dipindah ke Taman Menteng
PKS Nilai Janji Anies Pada 2019 Tak Berlaku di Pilpres 2024

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini