Rian Ernest Deklarasi Maju Pilkada Kota Batam Lewat Jalur Independen

POLITIK | 10 Desember 2019 18:36 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf, Rian Ernest mendeklarasikan diri maju sebagai Bakal Calon Wali Kota di Pilkada Kota Batam tahun 2020. Dalam Pilkada Batam ini, dia akan maju bersama Yusiani Gurusinga sebagai Calon Wakil Wali Kota.

Lantaran PSI hanya memiliki satu kursi di DPRD Batam, maka Rian dan Yusiani memutuskan maju melalui jalur independen. Alasannya karena politisi PSI itu enggan melakukan lobi lobi dengan partai politik lain.

"Saya tidak setuju dengan lobi-lobi dan transaksi mahar politik. Melalui perhitungan matang, saya memutuskan maju melalui jalur independen," katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan mengapa dirinya dan Yusiani memutuskan maju independen. Pertama karena tidak punya beban Partai Politik. Lalu menjauhkan diri dari politik transaksional.

"Bisa bertemu dengan berbagai komunitas lintas identitas partai. Membuka akses dengan kelompok-kelompok yang selama ini diabaikan oleh sistem politik Batam. Dan melahirkan gagasan yang muncul dari aspirasi masyarakat Batam sendiri, dan bukan hanya gagasan partai," jelas Rian.

1 dari 1 halaman

Butuh 49 Ribu Lembar KTP

Untuk maju, Rian dan Yusiani harus mengumpulkan 49 ribu lembar KTP hingga Februari 2020. Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama saat menjabat Gubernur DKI Jakarta itu optimis menargetkan meraih 60 ribu lembar KTP.

"Di Batam belum pernah ada calon lolos verifikasi jalur independen, ini bisa jadi sejarah," tegasnya.

Rian mengungkapkan, dirinya memutuskan untuk kembali ke Batam untuk membangun kampung halamannya. Sebab dia menilai, banyak potensi wilayah Batam belum digarap secara maksimal.

"Ibunda saya merupakan kelahiran Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau. Melalui Gerakan Batam Baru, saya pulang untuk bergabung bersama warga Batam," katanya.

Karena itu, untuk kampanyenya, Rian mengusung Batam Baru. Gerakan yang muncul dari tengah masyarakat Batam sendiri.

"Batam Baru adalah gerakan yang mengusung ide dan aspirasi warga Batam sendiri untuk membenahi potensi pariwisata dan industri kota Batam. Saatnya semangat pembaruan hadir di Kota Batam," tutupnya.

Masyarakat yang ingin memberikan dukungannya dapat menyalurkannya ke www.batambaru.com. Pengumpulan KTP juga dilakukan melalui laman tersebut. (mdk/eko)

Baca juga:
Maju Pilwalkot Medan, Bobby Nasution Bantah Bentuk Politik Dinasti
Sejumlah Pejabat Pemkab Sukoharjo Berebut Rekomendasi PDIP Maju Pilkada 2020
Jelang Pendaftaran Pilkada Solo, Gibran Gencar Blusukan
NasDem Belum Lirik Gibran di Pilwalkot Solo
NasDem Persilakan Koruptor Daftar Calon Kepala Daerah, Tapi Tidak Pasti Diusung

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.