Roy Suryo: Jika Diminta, AHY Siap Jadi Menteri

POLITIK | 11 Juli 2019 21:43 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Politikus asal Partai Demokrat, Roy Suryo angkat bicara tentang wacana Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan diangkat menjadi menteri di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurut Roy, AHY siap untuk menjadi menteri jika dipilih oleh Jokowi.

"Kalau memang beliau (AHY) diminta bergabung (menjadi menteri Jokowi), menurut saya beliau sudah sangat siap," ujar Roy, Kamis (11/7).

Meskipun demikian Roy menyebut jika siapapun yang akan dipilih menjadi menteri sepenuhnya adalah kewenangan dari Jokowi. Roy menilai jika sebagai presiden terpilih, Jokowi memiliki hak prerogatif memilih tokoh yang akan diangkat menjadi menteri.

"Tapi sekali lagi ini tergantung pada Pak Jokowi juga. Karena sebagai presiden terpilih yang nanti akan dilantik 20 Oktober, tentu Pak Jokowi sudah memiliki komposisi nama," urai Roy.

Roy menyebut jika saat ini ada semacam kedekatan antara PDI Perjuangan dengan Demokrat. Hal ini ditunjukkan dari hadirnya Puan Maharani di acara peringatan 40 hari meninggalnya Ani Yudhoyono di Cikeas.

"Kami berterimakasih Menko Puan Maharani juga hadir (pada peringatan 40 hari meninggalnya Ani Yudhoyono). Meskipun itu tidak ada hubungannya dengan politik ya. Tapi kehadiran Mbak Puan itu kan sudah merepresentasikan warna yang lain," papar Roy.

(mdk/bal)