Saat Airlangga bertemu AHY, Golkar ajak Demokrat gabung koalisi Jokowi

Saat Airlangga bertemu AHY, Golkar ajak Demokrat gabung koalisi Jokowi
POLITIK | 2 Maret 2018 15:44 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Korbid Perekonomian Partai Golkar Aziz Syamsuddin mengatakan, peluang Demokrat ikut mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pemilu 2019 masih terbuka. Prediksi ini menyusul pertemuan antara Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto pada Kamis (1/3) kemarin.

Tujuan AHY mengunjungi Airlangga di kediaman Airlangga adalah untuk mengundangnya hadir dalam Rapimnas Partai Demokrat dan strategi pemenangan di Pilkada. Selain menyerahkan undangan, pertemuan AHY dan Airlangga disebut membahas penjajakan koalisi di Pemilu 2019.

"Bisa saja Demokrat mengusung Pak Jokowi. Kan kalau Golkar kan sudah final mendukung pak Jokowi. Kalau kemungkinan Demokrat mengusung pak Jokowi kan Alhamdulillah koalisi semakin bertambah," kata Aziz di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (2/3).

Dalam pertemuan itu, Aziz mengungkapkan, AHY tidak mengajak Airlangga dan Golkar untuk membentuk poros baru. Hal ini karena Golkar telah menyatakan mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Oh tidak ada, kita sudah final mendukung pak Jokowi, jadi porosnya adalah poros mendukung Jokowi. Kita mengajak lah, ya kan itu kewenangan dari Demokrat," tegasnya.

Disinggung soal adanya kesepakatan antara AHY-Airlangga, Ketua Banggar ini menuturkan, kesepakatan keduanya hanya menyangkut pemenangan calon kepala daerah yang diusung Golkar dan Demokrat Pilkada.

Aziz menegaskan belum ada kesepakatan yang mengarah pada pembentukan koalisi di Pemilu 2019. Meski demikian, Golkar menyambut baik wacana pertemuan berkala dengan Demokrat untuk membahas berbagai dinamika politik nasional.

"Kesepakatannya ada itu kesuksesan pilkada untuk calon-calon yang bersamaan dengan Golkar. Nanti di bahas lagi masih panjang, kita masih fokus pilkada," tandasnya.

Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pagi ini. Kedatangan AHY bertujuan untuk mengundang Airlangga ke acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat pada 10-11 Maret di Sentul, Jawa Barat. (mdk/rnd)

Baca juga:
PKS kritik pertemuan Jokowi dan PSI bahas Pilpres gunakan fasilitas negara
Siapa pihak Istana yang ajak PKS gabung koalisi Jokowi?
Cak Imin akan bertemu Prabowo, PKB sebut komunikasi jelang Pilpres 2019
Cak Imin akan temui Prabowo, PKB bilang tak mungkin satu pilihan
Dewan Pakar Golkar nilai Airlangga layak jadi cawapres Jokowi
Mahfud MD soal cawapres: Sejarah akan menentukan jalannya sendiri
Arah politik di 2019, PAN tunggu hasil Rakernas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami