Safari ke Sejumlah Partai, Fraksi PKS Bangun Kerja Sama Demi Tingkatkan Kerja DPR

POLITIK | 17 Oktober 2019 21:12 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Setelah Fraksi PDI Perjuangan, Pimpinan Fraksi PKS DPR kembali menyambangi tiga fraksi yaitu Partai Golkar, PKB, dan Fraksi Partai NasDem hari ini. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, kunjungan ini merupakan program awal periode Fraksi PKS DPR dalam rangka membangun silaturahim dan komunikasi politik untuk mengokohkan kerja-kerja parlemen.

"Sengaja kita kunjungi Fraksi-Fraksi di Senayan untuk silaturahim, mengenalkan unsur pimpinan Fraksi PKS dan posisi Fraksi PKS selama lima tahun ke depan di DPR. Kita tukar pikiran dan mencari titik temu solusi masalah-masalah kebangsaan dalam perspektif parlemen," kata Jazuli dalam siaran persnya, Kamis (17/10).

Setidaknya ada tiga agenda yang didiskusikan dalam silaturahim Pimpinan Fraksi PKS ke fraksi-fraksi partai di DPR. Jazuli memaparkan, agenda pertama adalah silaturahmi dan pengenalan struktur Fraksi PKS.

"Silaturahim unsur pimpinan Fraksi PKS kepada Pimpinan Fraksi partai lain di Senayan untuk perkenalan dan saling pemahaman (mutual understanding)," ujarnya.

Kedua, kata Jazuli, membangun komunikasi politik dengan fraksi-fraksi partai lain. Dalam komunikasi itu disampaikan pandangan dan sikap politik PKS terkait agenda parlemen.

"Persamaan maupun perbedaan sikap politik tentu tidak menghalangi Fraksi PKS membangun komunikasi politik termasuk mengkomunikasikan perbedaan posisi dan sikap politik masing-masing. Fraksi PKS yakin ada banyak persamaan dan irisan agenda parlemen untuk kepentingan rakyat di antara fraksi-fraksi," jelas Jazuli.

Jazuli menuturkan, agenda terakhir adalah saling bertukar pikiran untuk meningkatkan kerja-kerja legislatif. "Tukar pikiran untuk mencari titik temu bagaimana memperkuat parlemen sebagai penyambung aspirasi rakyat, peningkatan kinerja dewan, termasuk dalam memerankan fungsi checks and balances yang konstruktif terhadap kebijakan pemerintah," paparnya.

Dia menambahkan, PKS ingin agar DPR lebih mengakomodir aspirasi rakyat yang dituangkan dalam 3 fungsi legislatif. Tujuannya adalah memperbaiki citra DPR di mata masyarakat.

"Kita semua ingin DPR ke depan lebih produktif dan konstruktif dalam memperjuangkan aspirasi rakyat serta dalam melaksanakan fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan. Sehingga kinerja dan citra DPR tidak lagi menjadi sorotan dan kritik masyarakat, sebaliknya mendapat apresiasi publik," pungkas Jazuli.

Dalam silaturahmi yang dipimpin langsung Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini ini didampingi pimpinan-pimpinan fraksi. Mereka adalah Wakil Ketua Bidang Kinerja Adang Darajatun, Wakil Ketua Fraksi bidang Inbang Mulyanto, Wakil Ketua bidang Polhukam Sukamta, Wakil Ketua Bidang Kesra Netty Prasetyani, Sekretaris Fraksi Ledia Hanifah dan Bendahara Fraksi Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

Baca juga:
PKS Klaim Diminta Mensesneg untuk Bertemu Jokowi Sore Ini
Mardani Yakin Jatah Wagub DKI Tetap Milik PKS Meski Sandi Balik ke Gerindra
Ini Alasan PKS Belum Bertemu Presiden Jokowi
PKS Sambut Baik Sandiaga Uno Kembali ke Gerindra
PKS Soroti Lambatnya Rumah DP 0 Rupiah dan Pelayanan Warga DKI

(mdk/ray)

TOPIK TERKAIT