Sandiaga Sebut Gugatan Sengketa Pilpres ke MK Atas Tuntutan Rakyat

POLITIK | 24 Mei 2019 15:42 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tengah bersiap-siap mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi malam nanti. Cawapres Sandiaga Uno mengatakan langkah tersebut diambil berdasarkan tuntutan dari masyarakat Indonesia.

"Jalan ini kami tempuh sebagai bentuk tuntutan rakyat Indonesia atas kekecewaan rakyat atas pelaksanaan pemilu," kata Sandiaga di Rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (24/5).

Menurutnya, hasil pilpres 2019 perlu digugat karena adanya laporan dugaan kecurangan dari masyarakat sendiri.

"Kami mendapatkan laporan dari anggota masyarakat yang melihat dengan mata kepala sendiri dan mengalami ketidakadilan dari pemilu kemarin," ujarnya.

Sandiaga melanjutkan, format Pemilu 2019 harus dievaluasi dari segala aspek. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan Pemilu ke depan berjalan jujur dan adil.

"Bagi kami Prabowo-Sandi, perlu evaluasi mendalam atas pemilu 2019, mulai dari aspek manajerial, data, stakeholder dan segala aspek lainnya dalam melaksanakan pemilu yang jujur dan adil, jujur dan adil. Ini harus serius dan tuntas untuk memastikan demokrasi kita tidak dicederai," tandas Sandiaga.

Prabowo-Sandi rencananya akan memasukkan gugatan sengketa Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (24/5) siang. Namun rencana tersebut diundur menjadi Jumat malam.

"Jadi malam ini saya ingin sampaikan pukul 20.30 tim BPN akan menyampaikan gugatan ke MK," kata Juru Bicara BPN, Andre Rosiade.

Baca juga:
Sekda DKI Soal Rikrik Rizkiyana jadi Tim Hukum Prabowo: Dia Sudah Keluar dari TGUPP
Gugatan Prabowo-Sandi ke MK Diundur Nanti Malam
Sandiaga Imbau Masyarakat Bersabar Tunggu Hasil Gugatan Sengketa Pilpres di MK
Sandi Beberkan Pembicaraan Prabowo dan JK, Soal Gugatan ke MK Hingga Aksi Damai
Tim Hukum BPN Prabowo Pastikan Syarat Gugatan Sengketa Pilpres ke MK Sudah Lengkap

(mdk/ray)