Sandiaga Terima Keputusan KPU Coret BW sebagai Panelis Debat Capres 2019

POLITIK | 6 Januari 2019 12:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno tidak mempermasalahkan dicoretnya nama Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) dari tim panelis debat pemilihan presiden 2019. Menurut Sandi, semua keputusan KPU sudah mutlak harus bisa disetujui semua pihak.

"Bagi kami keputusan apapun dari KPU kami hargai, tapi masyarakat bisa nilai sendiri," kata Sandiaga di Senopati, Jakarta, Minggu (6/1).

Dicoretnya nama BW, akhirnya digantikan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo. "Pak Agus, ya bagus karena beliau ketua KPK, kita hargai beliau masuk menjadi panelis," jelas Sandiaga.

Sehari sebelumnya, Komisioner KPU Wahyu Setiawan membenarkan dicoretnya nama BW dari daftar nama panelis. Selain BW, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan juga ikut dicoret KPU. Dia membeberkan, alasan dicoretnya mereka berdasar timbangan kesepakatan dari tim sukses kedua Jokowi-Ma'ruf, dan Prabowo-Sandiaga.

"Ada dua nama, yakni Pak Adnan Topan dan Pak Bambang Widjojanto. Masing-masing itu, diusulkan oleh Paslon 01 dan 02. Paslon 01 dan 02 memutuskan untuk mengurangi satu panelis usulan mereka sendiri. Nah yang dikurangi adalah Pak Bambang Widjojanto dan Pak Adnan Topan, begitu," kata Wahyu.

Reporter: Ditto Radityo

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
TKN Yakin Jokowi-Ma'ruf Amin Lancar Jawab Persoalan Bangsa saat Debat
Bambang Widjojanto Batal Jadi Panelis Debat, TKN Nilai Demi Jaga Marwah KPU
Enam Panelis Telah Selesaikan Daftar Pertanyaan Debat Pertama Pilpres
Bambang Widjojanto Dicoret dari Panelis Debat Capres Karena Pernah Jubir Anies-Sandi
Dua Panelis Debat Usulan Tim Jokowi dan Prabowo Dicoret KPU
Ma'ruf Amin soal Debat Capres-Cawpres: Saya Biasa Berdebat Bahtsul Masail

(mdk/did)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com