SBY kumpulkan Ketua DPD Demokrat minta pandangan soal koalisi di Pilpres

POLITIK | 10 Juli 2018 13:03 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumpulkan seluruh Ketua DPD di rumahnya, Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan. Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan SBY ingin mendengarkan pendapat pimpinan-pimpinan DPD terkait arah koalisi di Pemilu Serentak 2019.

"Lagi rapat di Kuningan bersama semua Ketua DPD Demokrat seluruh Indonesia," kata Jansen saat dihubungi merdeka.com, Selasa (10/7).

Selain membahas koalisi di Pemilu 2019, kata Jansen, rapat tersebut akan membicarakan soal kesiapan pencalegan Partai Demokrat. Pendaftaran pendaftaraan caleg dibuka sejak tanggal 4-17 Juli 2018.

"Bahasannya luas, selain terkait persoalan Pilpres juga terkait kesiapan pencalegkan Partai Demokrat di seluruh Indonesia karena tanggal 17 ini kan KPU terakhir menerima pendaftaran DCS," ujarnya.

Jansen menuturkan, rapat tersebut belum akan memutuskan sikap Demokrat di Pemilu 2019. Hasil rapat akan menjadi masukan bagi Majelis Tinggi partai untuk mengambil keputusan.

"Nanti dibawa sebagai materi dan masukan serta pandangan ke Majelis Tinggi sebagai forum pemutus terkait persoalan Pilpres ini," tandasnya.

Sebelumnya, Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, menuturkan belum ada keputusan final terkait pencapresan pada sidang pertama Majelis Tinggi Partai Demokrat. Namun dia enggan membeberkan apa saja poin penting yang dibahas dalam pertemuan tertutup tersebut.

"Resminya besok penjelasan ketum, kami tak ingin mendahului beliau," katanya.

Selain soal capres yang bakal didukung, SBY juga akan menyampaikan keterangan terkait sikap Demokrat terhadap ajakan koalisi poros penguasa maupun oposisi.

"Terkait ajakan-ajakan koalisi dari pihak Pak Jokowi, pihak Pak Prabowo dan aspirasi kader yang muncul," ucap Ferdinand.

Baca juga:
SBY umumkan hasil sidang Majelis Tinggi Demokrat lewat video
Besok, SBY akan sampaikan hasil rapat Majelis Tinggi Demokrat
Rapat perdana Majelis Tinggi Demokrat baru bahas kriteria capres
Manuver-manuver ketua umum parpol jelang pendaftaran capres
Ketum Pemuda Muhammadiyah bantah gugatan PT 20 persen untuk kepentingan SBY

(mdk/noe)