Sekjen Klaim Sejumlah DPD Golkar Dukung Airlangga Jadi Capres 2024

Sekjen Klaim Sejumlah DPD Golkar Dukung Airlangga Jadi Capres 2024
Kampanye Golkar. ©2014 merdeka.com/imam buhori
NEWS | 4 Desember 2019 15:44 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Sebanyak 11 DPD I mendukung Airlangga kembali jadi Ketum Golkar dalam Munas X Golkar. Beberapa di antaranya juga mendukung Airlangga menjadi capres 2024. Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyebut, hal itu adalah amanah yang harus ditindaklanjuti Airlangga.

"Kalau para pemilik suara para ketua DPD katakan sudah bersepakat katakan dengan musyawarah dan mufakat mereka menginginkan ketua umum menjadi calon presiden, mungkin itu amanah, amanah yang harus dilakukan oleh Pak Airlangga dan ini di forum Munas loh," kata Lodewijk di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/11).

Meski amanat jadi capres terlalu dini, Airlangga Harus menuruti amanah tersebut. Sebab, Munas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi dari Partai Golkar.

"Kalau itu ternyata sudah disepakati walaupun saya katakan terlalu dini itu amanat yang harus dilakukan ketua umum nantinya," ucap Lodewijk.

2 dari 3 halaman

Alasan DPD Dukung Airlangga Maju Capres

Adapun dalam rapat paripurna sesi kedua yakni dengan agenda menyampaikan pandangan umum, semua DPD I dan DPD II total sudah 11 yang menyampaikan dukungan kepada Airlangga.

Di antaranya Ketua DPD Sulawesi Utara, Tety Paruntu, yang sempat mencuri perhatian dalam pemilihan kabinet. Ketua DPD Jawa Barat Deddy Mulyadi, yang disusul Ketua DPD Sumut Ahmad Doli Kurnia.

Yang menarik datang dari Ketua DPD Golkar Gorontalo, Rusli Habibie. Bukan hanya mendukung Airlangga jadi Ketum kembali, tetapi juga Capres.

"Kami akan berusaha agar beliau jadi capres. Agar kita tidak menghabiskan waktu mendorong kader lain jadi Presiden RI," kata Rusli.

Dukungan juga datang dari Ketua DPP DPD Golkar NTT Melki Lakalena, yang juga mendukung Airlangga sebagai Ketum dan Capres.

DPD Papua, Sumsel, Kalbar, Papua Barat, Bengkulu, dan Maluku Utara juga menyatakan mendukung Airlangga.

3 dari 3 halaman

Airlangga Sudah Kantongi Sepertiga Dukungan Munas

Terpisah, Airlangga Hartarto mengatakan, dirinya sudah mengantongi sepertiga dukungan pemilik suara DPD I dan II. Dia diminta kembali memimpin partai beringin.

"Dari sepertiga itu mereka menerima LPJ dan menyampaikan aspirasi meminta saya mencalonkan kembali dan diusung di dalam munas," kata dia.

Dirinya menghargai aspirasi DPD memintanya jadi capres 2024. Airlangga pun tidak mau sombong jika hari ini Munas bisa aklamasi memilih dirinya jadi ketum beringin.

"Kita tunggu sampai dilengkapi 34 daerah," ucap Airlangga.

(mdk/lia)

Baca juga:
Dapat Pengurangan Hukuman, Idrus Marham akan Kembali ke Partai Golkar
Airlangga Curhat Suara Golkar Merosot Tajam Gara-gara Setnov Terjerat Korupsi
Ical Sebut Bamsoet Mundur Caketum Buat Jaga Situasi Politik Nasional
Akbar Tanjung Minta Airlangga Rangkul Kubu Bamsoet
Airlangga Sibuk Munas Golkar, Bagaimana Tugas Sebagai Menko Perekonomian?

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami