Sekjen PAN Pastikan Kongres Tak Digelar di Daerah Asal Kandidat Caketum

POLITIK | 11 Desember 2019 13:22 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno memastikan tuan rumah Kongres PAN tidak digelar di tempat asal kandidat calon ketua umum. Misalnya Sumatera Utara tempat asal Mulfachri Harahap atau Lampung yang merupakan daerah asal Zulkifli Hasan.

"Kriterianya satu, tidak boleh daerah di mana-mana kandidat ketua umum berasal," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12).

Eddy menyebut, dalam Rakernas telah diusulkan beberapa tempat. Seperti, DKI Jakarta, Sultra, Yogyakarta, Sumatera Utara dan Papua.

1 dari 1 halaman

Kriteria Lain Lokasi Kongres

Dia menyebut, kriteria berikutnya adalah daerah tersebut telah berprestasi. Seperti di Sumbar bertambah dua kursi DPR, Papua bertambah satu kursi, sampai Sultra yang PAN berhasil menjadi pemenang di sana. Sultra menjadi calon kuat karena didukung 30 DPW.

"Pasca-rakernas kemarin dan pasca-deklarasi dukungan 30 DPW kepada pak Zulkifli Hasan, ada juga deklarasi dukungan dari 30 ketua DPW untuk mendukung Sultra menjadi tuan rumah kongres," kata Eddy.

Eddy menyebut belum ada keputusan terkait tuan rumah Kongres karena masih tahap survei oleh pihak DPP.

"Tentu harus kita survei itu dulu. Saya pikir belum lama lagi harus kita pikir belum lama lagi harus kita putuskan apalagi kita lihat animo peserta tinggi untuk masing-masing mengajukan diri," kata dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Sepanas Apapun Kongres PAN, Diyakini Akan Berujung Guyub
Kubu Zulkifli Hasan Tak Mau Dibenturkan dengan Amien Rais di Kongres PAN
30 DPW Dukung Zulhas, Caketum Drajad Wibowo Singgung Tradisi Kepemimpinan PAN
Amien Rais Sindir Tokoh PAN Dukung Jokowi Tanpa Syarat: Saya Menangis
Amien Rais: Sumber Alam Luar Biasa yang Menikmati bukan Orang Papua

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.