Serba Salah Hadapi Debat Lawan Ma'ruf, Sandiaga Tak Akan Kritisi dan Ikut Kata Kiai

POLITIK | 10 Februari 2019 12:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengaku kesulitan menghadapi debat antar cawapres pada 17 Maret mendatang. Pasalnya, yang menjadi lawannya merupakan seorang Kiai, yakni Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

"Ini akan menyulitkan posisi saya karena di dalam adab, saya diajarkan ulama atau kiai besar seperti Kiai Ma'ruf harus dimuliakan," kata Sandiaga, Minggu (10/2/2019).

Sandiaga mengatakan, kemungkinan dirinya tidak akan membantah apa yang disampaikan oleh Kiai Ma'ruf. Meski begitu, ia menegaskan akan tetap tampil apa adanya.

"Saya akan tampil apa adanya. Saya memang ada pak kyai saya akan hormat dan mungkin lebih menyampaikan apa pendapat kita tapi tidak akan mendebatkan apa yang disampaikan pak kyai," ungkapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, dirinya tidak bisa berdebat dengan seorang kiai. karena itu, dia pun harus memutar otak supaya nilai-nilai yang selama ini dipegang tidak luntur ketika berada satu panggung dengan Ma'ruf.

"Bagaimana mendapatkan satu situasi debat yang sesuai dengan apa yang diajarkan saya menghormati memuliakan Pak Kiai dan tidak membantah, jika Pak Kiai sampaikan sesuatu ya ikut saja itu merupakan adab yang diajarkan," ucap dia.

"Pokoknya apa yang Pak kiai sampaikan sami'na wa atho'na," ucapnya dia.

Reporter:Ady Anugrahadi

Baca juga:
Sandiaga Tak Mau Tanggapi Puisi Fadli Zon yang Disinyalir Singgung Mbah Moen
Sandiaga Soal Harga Pertamax Cs Turun: Alhamdulillah Keputusan yang Tepat
Sandiaga Sebut Korupsi Bupati Kotim Jadi Bukti Ucapan Prabowo Soal Anggaran Bocor
Bertemu Mulan Jameela, Sandiaga Janji Akan Besuk Ahmad Dhani
TKN Harap Cara Warga Surabaya Sambut Sandiaga Tak Dianggap Rekayasa
Demi Menangkan Jawa Tengah, BPN Fokus Isu Korupsi dan Ekonomi

(mdk/noe)