Siapkan tiga nama cagub, PAN Jateng tunggu sikap DPP soal koalisi

POLITIK | 11 Desember 2017 09:20 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - DPW Partai Amanat Nasional Jawa Tengah mengusulkan tiga nama untuk bertarung dalam Pilgub 2018. Nama yang sudah disetorkan ke DPP PAN tersebut adalah Sudirman Said, Taufik Kurniawan, dan Nasrullah.

Ketua Desk Pilkada DPW PAN Jateng, Wahyudin Noor Aly mengungkapkan, nama-nama tersebut diusulkan berdasar masukan dari bawah dan suara yang beredar di masyarakat. "Sekarang keputusannya ada di DPP, nanti ada rapat pleno diperluas baru keluar rekomendasi," ujarnya saat dihubungi di Semarang, Senin (11/12).

Ditanya soal koalisi karena PAN hanya memiliki delapan kursi di DPRD Jateng, Wahyudin mengungkapkan akan mengikuti arahan dari DPP. "Koalisi nanti tergantung pada nama yang diputuskan. Nama calon yang diusung tentu juga sudah berkomunikasi dengan partai lain. Sehingga nanti saat keluar nama, sudah bisa langsung bergerak bersama," paparnya.

Lebih lanjut, PAN memiliki kebijakan mengeluarkan rekomendasi lebih dulu. Alasannya, calon yang diusung sudah memiliki kecakapan dan dianggap potensial. Menurut Wahyudin langkah ini akan menciptakan keselarasan antara calon yang diusung dengan jajaran partai di tingkat pusat hingga ranting.

Wahyudin mengatakan, PAN tidak saklek menempatkan nama yang diusung dalam posisi gubernur. "Ya tentu dengan kondisi kita, mau di posisi gubernur atau wakil itu sudah di ranah DPP. Kan harus diskusi juga dengan koalisi soal posisi ini, nanti diputuskan DPP," tegasnya.

Dia memperkirakan rekomendasi akan keluar pertengahan bulan ini. "Kami berharap juga keluarnya rekomendasi jangan mepet pendaftaran. Meski struktural dan sayap partai sudah siap, segala sesuatunya harus dipersiapkan lebih matang karena kita menargetkan menang dalam Pilgub 2018," kata Wahyudin.

Ditanya dukung Khofifah di Pilgub Jatim, Ketum PAN sebut 'Nah itu tahu jawabannya'

PAN enggan komentar soal pergantian Ketua DPR dari Setnov ke Aziz Syamsudin

Demiz-Syaikhu terus lobi Gerindra-PAN agar didukung di Pilgub Jabar

PAN minta Marsekal Hadi menjamin TNI netral di tahun politik

Cerita Ketum PAN gagal cari calon untuk tandingi Gus Ipul & Khofifah

(mdk/bal)