Sindiran Ketum Partai Buat Cak Imin 'Ngotot' Jadi Ketua MPR

POLITIK | 18 Juli 2019 05:30 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menjadi incaran sejumlah partai politik. Salah satu yang terang-terangan menginginkan posisi itu ialah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Cak Imin nampak ngotot mengincar kursi ketua MPR. Dia sampai melakukan berbagai manuver. Aksi Cak Imin langsung mendapat respons beberapa elite partai. Siapa saja? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

Ambisi Muhaimin Iskandar ingin menjadi ketua MPR mendapat sindiran dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Surya Paloh menilai pria yang akrab disapa Cak Imin itu memang selalu merasa paling pantas.

Kendati begitu, dia tak mempermasalahkan Cak Imin berambisi menjadi Ketua MPR. Hanya saja, perlu dilakukan pembicaraan lebih lanjut antar partai terkait posisi Ketua MPR.

"Adek saya itu (Cak Imin) memang dia selalu merasa dia yang paling pantas dan saya hormati itu. Saya hormati. Jadi enggak ada yang salah," ujar Surya Paloh di Akademi Bela Negara NasDem Pancoran Jakarta Selatan, Selasa (16/7).

2 dari 4 halaman

Sindiran Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto turut menyindir Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang mengincar kursi ketua MPR. Dia mengatakan kursi Ketua DPR untuk Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019. Sehingga berharap posisi Ketua MPR bisa diisi oleh kader Golkar.

Oleh karena itu Menperin itu meminta Cak Imin untuk ikut mendukung paket pimpinan MPR dengan Ketua dari Partai Golkar. "Sehingga tentunya amat wajar ini seiring Pak Muhaimin Iskandar, apabila dalam hal pemilihan Ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket, paket koalisi Indonesia kerja juga mengusung paket dengan ketua dari Partai Golkar," ungkap Airlangga, beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

PKB Tanggapi Santai Sindiran Untuk Cak Imin

Sebagian ketua umum partai politik menyindir ambisi Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ingin menjadi ketua MPR. Sindiran terbaru datang dari ketum Partai Nasdem Surya Paloh. Ia menilai Cak Imin merasa paling pantas sebagai ketua MPR.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi santai sindiran itu. PKB menganggap itu bukan sindiran melainkan apresiasi untuk Cak Imin.

"Possitive thinking saja. Itulah cara Pak Surya Paloh mengapresiasi Cak Imin. Pak Surya kan merasa sebagai kakaknya (Cak Imin)," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).

4 dari 4 halaman

Cak Imin Ingin Jadi Ketua MPR

Keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi ketua MPR cukup kuat. Dia ingin menjajal bekerja di legislatif. Katanya, mengabdi di eksekutif atau menjadi menteri sudah pernah sehingga ingin merasakan duduk di kursi ketua MPR.

"Saya terus terang ingin di MPR, (menjadi) menteri sudah pernah dan sudah cukuplah saya mengabdi di eksekutif, gantian saya biar di legislatif," kata Cak Imin di sela menghadiri acara Sosialisasi Muktamar PKB di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/7/2019) malam.