SMRC: Jokowi dan Prabowo head to head bila Pilpres digelar sekarang

SMRC: Jokowi dan Prabowo head to head bila Pilpres digelar sekarang
Jokowi dan prabowo di istana. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika
POLITIK | 8 Juni 2017 21:35 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil surveinya dengan tema 'Kondisi Politik Nasional Pasca Pemilihan Gubernur DKI Jakarta'. Dari hasil survei itu, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto berada di posisi atas atau head to head bila Pilpres digelar saat ini.

Peneliti SMRC Djayadi Hanan mengatakan hasil itu didapat dari pertanyaan terbuka atau top of mind. Di mana pertanyaannya adalah bagaimana bila Pilpres digelar saat ini. Hasilnya, 34,1 persen pemilih spontan mendukung Jokowi dan Prabowo mendapat 17,2 persen suara.

"Perbedaan elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo sekarang mirip dengan perbedaan elektabilitas SBY dengan Megawati pada 2007," kata Djayadi di Jakarta, Kamis (8/6).

Djayadi menuturkan, pada simulasi head to head itu, elektabilitas Jokowi berada mendapat 53,7 persen sementara Prabowo 37,2 persen. Sedangkan, responden yang tidak menjawab 9,1 persen.

"Jarak antara keduanya sekitar 16,5 persen. Dari sisi pilihan presiden, politik Tanah Air relatif tidak mengalami perubahan pasca Pilkada DKI Jakarta," pungkas Djayadi.

Sekedar informasi, SMRC melakukan survei dengan tema 'Kondisi Politik Nasional Pasca Pemilihan Gubernur DKI Jakarta'. Penelitian ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dan 1.500 responden sebagai sample.

Survei ini dilakukan lewat wawancara tatap muka pada WNI yang berumur di atas 17 tahun. Penelitian juga dilakukan secara nasional dan digelar pada 14-20 Mei 2017. Di mana margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (mdk/msh)

Baca juga:

PAN prediksi Pilkada Jabar sepanas Pilkada DKI

Pilkada DKI 2017 tak pengaruhi kondisi politik nasional

Poltracking: 53,75 Persen warga Jabar mempercayakan Ridwan Kamil

Survei SMRC: Mayoritas warga setuju HTI dibubarkan pemerintah

SMRC: 91,3 Persen warga Indonesia menolak keberadaan ISIS

LSI: Publik ingin demokrasi Pancasila jadi sistem negara dan perekat

Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil teratas, Aa Gym masuk lima besar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami