Soal Komposisi Menteri Jokowi Jilid II, PDIP Singgung Perolehan Kursi di DPR

POLITIK | 24 Juni 2019 19:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan, komposisi dan jumlah kursi di kabinet sesungguhnya mengacu dari jumlah kursi yang didapat partai di parlemen untuk periode 2019-2024. PDIP bangga memperoleh suara terbanyak di parlemen.

"Nah urusan kabinet tentu saja akan melihat faktor-faktor itu. Melihat bagaimana PDIP dengan komposisi kursi terbesar di DPR RI," ucap Hasto Kristiyanto, Senin (24/6).

Namun demikian, kata dia, penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. Pihaknya meyakini Presiden akan membahas hal ini dengan para ketum partai.

Hasto memastikan, partai berlambang banteng moncong putih tidak kekurangan kader berkualitas untuk duduk di kursi menteri.

"Partai terus melanjutkan fungsi kaderisasi kepemimpinan, sehingga kami punya banyak calon menteri. Baik itu yang berasal dari kepala daerah, berasal dari DPP, berasal dari DPR RI," ungkap Hasto.

Namun, keputusan mengenai kader PDIP yang akan diberi tugas masuk dalam kabinet, berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Tapi demokrasi di PDIP menyerahkan semua hal tersebut kepada Ibu Megawati Soekarnoputri," ucapnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Baca juga:
Rahasia Jokowi Mencari Menteri
Kubu Jokowi: Gerindra Pantas Ditawari Masuk Pemerintahan
Cak Imin Rahasiakan Posisi Kursi Menteri Incaran PKB
Rais Aam PBNU Siapkan Kader Terbaik untuk Jadi Menteri di Kabinet Jokowi
Mengintip Sisi Lain Aktivitas Para Menteri Jokowi

(mdk/noe)