Stabilnya elektabilitas PDIP karena sosok Jokowi

Stabilnya elektabilitas PDIP karena sosok Jokowi
HUT ke-44 PDIP. ©2017 Merdeka.com/imam buhori
POLITIK | 8 Juni 2017 22:23 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperlihatkan dukungan terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) stabil setelah Pilkada DKI Jakarta 2017. Menurut survei, hal itu disebabkan oleh kepercayaan masyarakat terhadap sosok Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi.

SMRC melakukan survei dengan tema 'Kondisi Politik Nasional Pasca Pemilihan Gubernur DKI Jakarta'. Penelitian ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dan 1500 responden sebagai sample.

Survei ini dilakukan lewat wawancara tatap muka pada WNI yang berumur di atas 17 tahun. Penelitian juga dilakukan secara nasional dan digelae pada 14-20 Mei 2017. Di mana margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.‎

Peneliti SMRC Djayadi Hanan mengatakan, figur Jokowi dikenal dekat dengan masyarakat. Sehingga, apapun yang dilakukan pemerintahan Jokowi berdampak positif terhadap PDIP.

"Sekarang figur utama di PDIP lebih lekat dengan Jokowi. Kalau Jokowi mendapat persepsi positif di masyarakat, maka dampaknya juga positif terhadap PDIP," kata Djayadi di Jakarta, Kamis (8/6).

Menurutnya, kondisi serupa pernah terjadi pada saat masa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden. Pada tahun 2004 dan 2009, Partai Demokrat selalu mendapat tren positif berkat sosok SBY.

"Demokrat tinggi karena Susilo Bambang Yudhoyono dan PDIP tinggi karena Megawati," ujar dia.

Djayadi menilai situasi PDIP dan Jokowi saat ini persis dengan Demokrat dan SBY jelang 2009. Untuk saat ini yang mendekati PDIP hanya Partai Gerindra.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Julaintono tidak sepakat dengan survei tersebut. Dia menilai, PDIP seharusnya mendapat dampak dari hasil Pilkada DKI 2017.

Tak hanya itu, Ferry juga mempertanyakan hasil survei yang menyebut PDIP relatif stabil. Mengingat Gerindra dan koalisinya menang dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Kemenangan Gerindra dalam Pilkada di luar Jakarta, itu juga sedikitnya dipengaruhi Pilkada DKI. Saya buktikan, terdapat hubungan yang nyata dan positif terhadap Anies-Sandi koalisi Gerindra, terhadap perubahan politik secara nasional, dan perolehan suara partai," tuntas Ferry. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami