Surat Suara Pilkada Depok Ditargetkan Diterima Akhir November 2020

Surat Suara Pilkada Depok Ditargetkan Diterima Akhir November 2020
POLITIK | 16 November 2020 02:35 Reporter : Wisnoe Moerti

Merdeka.com - Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna memastikan kesiapan logistik untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020. Dia memastikan seluruh logistik aman dan diawasi.

"Produksi surat suara di perusahaan, mulai dari penyerahan materi, pencetakan, penyortiran, pelipatan sampai dengan packing dan pengiriman dari perusahaan ke gudang. Seluruh kegiatan tersebut diawasi oleh pihak kami, agar kami dapat memastikan bahwa semua berjalan baik," kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna di Depok, seperti dilansir Antara, Minggu (15/11).

KPU bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Bawaslu melakukan peninjauan dan pengawasan produksi surat suara yang dilakukan di PT. Gramedia Printing Jalan Rancaekek KM. 24 - Bandung Jawa Barat.

Jumlah surat suara yang tercetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1.229.362 pemilih, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. Sehingga jumlah keseluruhan 2.262.051 lembar surat suara.

"Kami mengestimasi surat suara tersebut akan masuk gudang kami diperkirakan pada 24 November ini atau bahkan bisa lebih cepat. Kami terus berupaya agar semua logistik bisa kami terima dalam waktu dekat ini," katanya.

Nana mengatakan, saat ini selain melakukan tahapan rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),KPU Kota Depok juga tengah fokus kepada tahapan logistik. Tahapan logistik juga merupakan tahapan krusial dan penting yang memerlukan perhatian secara khusus.

Logistik pemilihan berupa surat suara merupakan salah satu instrumen penting tahapan dalam penyelenggaraan pemilu atau pilkada yang tidak boleh dianggap remeh.

"Mekanisme memilih ini terekam dan teradministrasikan melalui surat suara. Jadi, logistik surat suara pilkada memiliki peran yang penting dalam suksesi kontestasi di samping instrumen logistik yang lain," ujarnya.

Sebagai informasi logistik pilkada yang sudah diterima di gudang KPU Kota Depok diantaranya kotak suara, bilik, segel, hologram, sampul dan lain sebagainya. Kami tetap terus akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel.

"Alhamdulillah semua pihak mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh kami dalam pengadaan surat suara ini," katanya. (mdk/noe)

Baca juga:
Kader PDIP Diminta Solid Menangkan Paslon Pradi-Afifah di Pilkada Depok
KPU Kota Depok Rakit 4.015 Kotak Suara untuk Pilkada
Giring Janji Bakal All Out Dukung Pradi-Afifah
Sebulan Kampanye, Metode Daring Masih Minim Dilakukan Paslon Pilkada Depok
Buat Survei Internal, PDIP Sebut Elektabilitas Petahana Pilkada Depok di Bawah 20%
Pilkada Depok, Petahana yang Ditinggalkan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami