Survei: 41 Persen Warga Solo Anggap Gibran Lakukan Politik Dinasti

POLITIK | 16 Desember 2019 15:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lembaga Survei Median menyatakan majunya putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dinilai masyarakat sebagai bentuk politik dinasti.

"Jadi sebanyak 41,6 persen itu menyebutkan ada politik dinasti," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Sedangkan sisanya yakni 55,5 persen menyatakan majunya Gibran di Pilkada Solo bukanlah politik dinasti. Rico menyatakan, hal itu akan menjadi bumerang untuk Gibran bila persentase politik dinasti lebih tinggi.

"Kalau sekiranya dinasti politik membesar itu bahkan menemukan momentumnya itu akan mengancam elektabilitas Gibran," ucapnya.

Namun, kata dia, hal tersebut akan berubah bila Gibran dapat meyakinkan masyarakat Solo terkait rencana kepemimpinannya.

"Itu bisa dikembangkan timses Gibran mungkin saja Achmad Purnomo bisa dikalahkan dalam waktu sembilan bulan," jelas Rico.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Ibu Negara Iriana Jokowi hadir untuk melepas keberangkatan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka untuk mendaftar sebagai Calon Wali Kota (Cawalkot) Solo di halaman Graha Sabha Buana, Solo, Kamis, 12 Desember 2019.

Dalam kesempatan itu, Iriana berharap keberangkatan putra sulungnya ke Semarang yang didampingi para relawan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada suatu halangan apa pun.

"Semoga berjalan dengan lancar semuanya," kata Iriana yang mengenakan kemeja motif 'Indonesia Raya' yang biasa digunakan Gibran Rakabuming Raka dan para relawan pendukungnya.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Survei: Gibran Kalah dari Petahana Purnomo di Pilkada Solo
NasDem Nilai Gibran Maju Pilkada Bangun Karir, Bukan Politik Dinasti
Sandi Minta Jangan Ada Keberpihakan Jika Gibran dan Bobby Ikut Pilkada
Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution Masuk Radar NasDem untuk Pilkada 2020
Belum Masa Kampanye, Bawaslu Tidak Bisa Beri Sanksi Pamannya Gibran
Puan Maharani: Rekomendasi Gibran dan Bobby Maju Pilkada Ada di Ketum PDIP

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.