Survei Charta Politika: PSI, PAN, PPP & Perindo Punya Kesempatan Lolos ke DPR

POLITIK | 4 April 2019 17:25 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis tingkat elektabilitas partai politik dalam Pemilu 2019. Hasilnya, untuk partai yang masih berada di bawah 4 persen seperti PSI, PAN, PPP dan Perindo masih berpeluang untuk lolos ke DPR.

Direktur Riset Charta Politika Indonesia, Muslimin menyampaikan, sesuai ketentuan memang sebuah partai hanya dapat lolos ke parlemen jika memenuhi syarat ambang batas atau parlementary threshold sebesar 4 persen.

Namun, hasil survei lembaga tersebut memiliki margin of error sebesar 2,19 persen dengan responden yang tidak menentukan pilihan sebesar 11,7 persen.

"Kalau dilihat (dari itu), empat partai ini punya kesempatan lolos," tutur Muslimin di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Seperti PSI misalnya, hasil survei Charta Politika menyebut elektabilitas partai tersebut di angka 2,2 persen. Ketika hasil tersebut diakumulasikan dengan margin of error, ada perbedaan dengan tren kenaikan.

"Artinya kalau dari sisi margin of error, PSI kemudian bisa saja angkanya 4 persenan," jelas dia.

Termasuk juga faktor responden yang belum menentukan pilihan, keempat partai itu bisa menggunakan kesempatan yang ada untuk menggaet suara demi meningkatkan elektabilitas.

"Saya kira empat partai ini punya peluang lolos dengan catatan partai ini mampu mengambil sisa suara," Muslimin menandaskan.

PDIP sendiri menjadi partai pilihan tertinggi dengan 25,3 persen. Disusul Partai Gerindra sebesar 16,2 persen dan Partai Golkar 11,3 persen.

Kemudian PKB dengan 8,5 persen; Partai Demokrat dan Nasdem 5,2 persen; PKS 5,0 persen; PAN 3,3 persen; PPP 2,4 persen; PSI 2,2 persen; Partai Perindo 2,0 persen; dan Hanura 1,0 persen.

Survei tersebut diambil dengan kurun waktu 19 Maret sampai 25 Maret 2019 melalui tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Ada sebanyak 2 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber : Liputan6.com (mdk/ray)

Baca juga:
H-13 Pencoblosan, TKN Klaim Jokowi Sudah Unggul Tipis dari Prabowo di Jabar
Survei Indikator: PDIP 24,9%, Gerindra 11,7%, 8 Partai Tak Lolos DPR
Indikator Politik: 12 Persen Orang Ragu KPU Netral di Pilpres 2019
Indikator: Jokowi-Ma'ruf Unggul 55,4 Persen, Prabowo-Sandi 37,4 Persen
Kumpulan Survei Terbaru Dirilis April 2019, Jokowi vs Prabowo Siapa Unggul?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.