Survei Charta Politika: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Lampung & Sumut

Survei Charta Politika: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Lampung & Sumut
Survei Capres Charta Politika. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 6 Juli 2022 15:36 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Charta Politika Indonesia menggelar survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pemilu 2024. Pada survei yang digelar di Lampung, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersaing ketat. Ganjar mengantongi elektabilitas sebesar 32,3 persen. Sedangkan Prabowo 31,6 persen.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat sebagai pilihan pertama dan kedua teratas," tulis hasil survei Charta Politika yang dirilis Rabu (6/7).

Pada urutan berikutnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 14,6 persen. Diikuti Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,4 persen, serta politikus Gerindra Sandiaga Uno 2,3 persen.

Di Sumut, lanjut Yunarto, Ganjar mendapat total dukungan hampir 24,6 persen. Elektabilitas tertinggi juga didapat oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai kepala daerah dengan perolehan 29 persen.

"Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi. Pada pertanyaan terkait Kepala Daerah, elektabilitas Bobby Nasution berada sedikit di atas Edy Rahmayadi sebagai Kepala Daerah Sumatera Utara," imbuhnya.

Sementara itu, kata Yunarto, elektabilitas Prabowo unggul di Sumsel dengan angka 41,9 persen. Disusul Anies di posisi kedua dan Ganjar di urutan ketiga.

"Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Sementara dalam simulasi elektabilitas calon wakil presiden, Sandiaga Uno memimpin dengan elektabilitas 24 persen. Erick Thohir menjadi runner-up dengan elektabilitas 23,6 persen. Selanjutnya, ada nama AHY 10,5 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 8,8 persen, dan Ketua DPR RI Puan Maharani 2 persen.

Elektabilitas partai politik paling tinggi masih ditempati oleh PDI Perjuangan dengan angka 24,5 persen. Gerindra di urutan kedua dengan elektabilitas 19 persen, kemudian Golkar 7,6 persen.

Selanjutnya, PKS 7,4 persen, PKB 7,3 persen, Demokrat 6,6 persen, NasDem 4,4 persen, PAN 1,3 persen, Hanura 0,6 persen, Perindo 0,5 persen dan PPP 0,4 persen.

Survei digelar di Lampung pada tanggal 2-7 Juni 2022. Survei digelar melalui wawancara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 800 orang. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. (mdk/ray)

Baca juga:
Survei Charta Politika: Ganjar Pranowo dan PDIP Unggul di Sumut
Survei Charta Politika Pilgub Sumut: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi
Survei: Elektabilitas PPP dan PAN di Bawah 4%, Butuh Capres Tepat untuk Booster
Survei Charta Politika: PDIP Turun, Gerindra dan Golkar Naik
Charta Politika Simulasi Capres-Cawapres: Duet Ganjar-Sandiaga Tertinggi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini