Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Disukai Emak-emak Karena Puas Kinerja Ekonomi

POLITIK | 12 April 2019 17:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan bahwa paslon 01, Jokowi-Ma'ruf unggul telak dari pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandi di kalangan pemilih emak-emak atau kaum perempuan. Hal itu disampaikan oleh Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam rilis hasil survei terbarunya.

"Saat ini dukungan paslon petahana di pemilih emak-emak dalam rentang 59,9 persen hingga 69,8 persen," kata Ardian Sopa di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jum'at (12/4/2019).

Sementara itu, dukungan emak-emak terhadap pasangan capres 02, Prabowo-Sandi hanya dalam rentang 30,2 hingga 40,1 persen.

"Keunggulan Jokowi-Ma'ruf di pemilih emak-emak ini salah satunya disebabkan karena tingginya kepuasaan mereka terhadap kinerja Jokowi dalam bidang ekonomi," ujarnya Ardian.

Dia menerangkan bahwa pemilih emak-emak memang menjadi salah satu lumbung suara bagi paslon nomor urut 01. Bahkan, berdasarkan hasil survei LSI Denny JA, sejak bulan Agustus 2018 hingga saat ini, Jokowi-Ma'ruf selalu unggul di atas dua digit dari pasangan Prabowo-Sandi.

"Meskipun sejak awal, Prabowo-Sandi selalu mengampanyekan program emak-emak. Namun terlihat bahwa kampanye tersebut tidak berefek signifikan terhadap elektabilitas," jelasnya.

Diketahui dari hasil survei terbaru LSI tersebut, Jokowi-Ma'ruf unggul di semua segmen pemilih utama yang terdiri dari segmen muslim, minoritas, emak-emak, terpelajar, wong cilik, dan kaum muda atau dikenal dengan milienial.

"Di pemilih wong cilik, Jokowi-Ma'ruf juga selalu unggul dari Prabowo-Sandi dengan keunggulan rata-rata di atas 20 persen. Menang telak di pemilih wong cilik, menjadi salah satu kekuatan utama dari pasangan Jokowi-Ma'ruf," pungkasnya.

Di pemilih kaum muda, yang menurut definisi LSI mereka yang berusia di bawah 40 tahun, Jokowi-Ma'ruf unggul telak dari pasangan Prabowo-Sandi.

"Saat ini, dukungan Jokowi-Ma'ruf di pemilih milienial dalam rentang elektabilitas 54,9 persen hingga 64,8 persen," tutur Ardian.

Sementara itu, dukungan milienial untuk Prabowo-Sandi, menurut hasil survei tersebut hanya di kisaran angka 35,2 persen hingga 45,1 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 4-9 April 2019, dengan menggunakan 2.000 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi seluruh Indonesia dengan metode multistage random sampling atau sempel acak berjenjang. Wawancara dilakukan dengan cara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Margin of error (MoE) survei ini adalah 2,2 persen.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Survei LSI Denny JA: Jokowi Unggul di Semua Segmen Pemilih, Bisa Raih 65,8% suara
Survei Roy Morgan H-4 Pencoblosan: Jokowi 54,5 persen, Prabowo 45,5 persen
SMRC: Elektabilitas Jokowi Turun Karena Masyarakat Percaya Hoaks Kaki Tangan China
Survei SMRC: Pemilih Ragu Jokowi-Ma'ruf 6,4 Persen, Prabowo-Sandiaga 4,5 Persen
Survei SMRC Jelang Pencoblosan: Jokowi-Ma'ruf 56,8 Persen, Prabowo-Sandi 37 Persen
Yakin Jokowi Menang, Direktur Cyrus Network Pertaruhkan Karirnya di Dunia Survei

(mdk/bal)