Survei: Prabowo Teratas Jadi Capres 2024, Ditempel Anies dan Ganjar

Survei: Prabowo Teratas Jadi Capres 2024, Ditempel Anies dan Ganjar
Prabowo dan Anies Baswedan resmikan Roemah Djoeang. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
NEWS | 3 Agustus 2021 14:48 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Indostrategic mengeluarkan hasil survei elektabilitas calon presiden 2024. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersaing di posisi teratas. Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 17,5 persen. Sementara Anies 17 persen.

"Nama pak Prabowo teratas di angka 17,5 persen. Angka ini menarik pak Prabowo tetap konsisten punya modal baik untuk maju Pilpres 2024," ujar Direktur Eksekutif Indostrategic A. Khoirul Umam saat rilis survei secara daring, Selasa (3/8).

Umam menjelaskan, Prabowo masih memiliki elektabilitas tinggi karena post-election effect. Prabowo masih kuat di ingatan politik publik sebagai tokoh capres 2019. Ditambah, Prabowo juga sudah tiga kali maju Pilpres. Selain Pilpres 2019, juga Pilpres 2014 sebagai capres, dan 2009 sebagai cawapres.

"Menempatkan nama beliau pada memori politik publik untuk menetapkan pak Prabowo di angka terjaga," jelasnya.

Sementara itu Anies Baswedan menempel ketat Prabowo di posisi kedua hanya terpaut 0,5 persen. Anies dinilai mendapatkan elektabilitas tinggi karena eksposure besar sorotan media nasional sebagai Gubernur Jakarta.

Di posisi ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka 8,1 persen. Ganjar menempati posisi ketiga karena suara dari pemilih di Jawa, khususnya Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Di basis pemilih Jawa relatif memberi dukungan cukup baik terhadap Ganjar Pranowo," kata Umam.

Nama tokoh di posisi berikutnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7 persen, Menparekraf Sandiaga Uno 6,8 persen, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 6,4 persen.

Kemudian, Mensos Tri Rismaharini 4,1 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,8 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,8 persen, serta di urutan kesepuluh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sisanya di bawah angka 1 persen. Sementara, Ketua DPP PDIP Puan Maharani hanya memiliki elektabilitas 0,6 persen. Responden yang merahasiakan jawaban sebesar 6,8 persen, dan yang tidak menjawab atau tidak tahu 15,4 persen.

Indostrategic menggelar survei tatap muka pada 23 Maret - 1 Juni 2021. Survei mengambil responden sebanyak 2400 dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2 persen. (mdk/ray)

Baca juga:
Survei Pakar: Anies Bersaing dengan Ganjar dan RK Capres dengan Kapasitas Tertinggi
Simulasi Pilpres 2024 Voxpol Center: Prabowo Selalu Menang Saat Menjadi Capres
Survei Top Of Mind Voxpol: Ganjar Kalahkan Jokowi dan Prabowo
Presiden PKS: Anies Potensial Maju Capres 2024
LSI Sebut Airlangga Berpeluang Jadi Cawapres, Golkar Makin Pede

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami