Surya Paloh Cerita Pernah Bikin SBY Tak Bisa Tidur Nyenyak

POLITIK | 17 Juli 2019 11:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyampaikan, pernah membuat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia, tak bisa tidur, karena aksinya. Hal ini disampaikannya saat memberikan pembekalan kepada para calon legislatif NasDem yang terpilih, di Akademi Bela Negara NasDem.

Dia bermula bercerita, bagaimana Golkar saat era SBY berada di dalam pemerintahan, mengajak PDIP, selaku oposisi, untuk berkerja sama. Dimana saat itu dirinya menjadi Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar.

"Pada era saya, PDIP partai di luar Pemerintah. Tapi saya mencoba membangun komunikasi. Partai di dalam pemerintah, bisa berkerja sama dengan partai di luar Pemerintah. Maka Ketua Dewan Dewan Penasihat Golkar bisa berjalan dengan PDIP, membuat pemikiran-pemikiran. Membangun persepsi publik yang positif, dalam upaya menguatkan nilai kebangsaan," kata Surya di Jakarta, Rabu (17/7).

Hal inilah, membuat Golkar dan PDIP melakukan safari atau kegiatan di berbagai daerah. Yang justru membuat Presiden SBY, kala itu, tak bisa tidur.

"Maka kami melakukan tur bersama. Golkar-PDIP sejalan bersama. Dinilai tak lazim. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu menganggap, apa ini? Bikin dia tak bisa tidur nyenyak," cerita Surya.

Saat itulah, dia pun diberi masukan oleh Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla, dan diceritakan soal keinginan SBY saat itu.

"Ketua Umum Partai Golkar, Wakil Presiden bernama Jusuf Kalla. Dalam pengakuannya, dia ditelepon Presiden tiap malam. Apa tidak bisa berhenti tur itu. Ketua Umum Partai Golkar, ada sedikit respek. Maka dikompromi cukup 3 saja," kata Surya.

Menurut dia, cerita ini, menggambarkan bagaimana mengubah persepsi publik tentang partai politik. Bahwa bisa menjaga nilai-nilai kebangsaan. Yaitu persatuan.

"Tapi paling tidak ini suatu terobosan yang bisa kita lakukan. Untuk membangun karsa, dan kerangka bersama, ada upaya kerjasama yang bagus dalam edukasi pendidikan politik," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Surya Paloh: Tidak Selamanya yang Kawan Tetap Menjadi Kawan
Surya Paloh Ngaku Tak Ngotot Pertahankan Kursi Jaksa Agung
Surya Paloh Soal Cak Imin Incar Kursi MPR: Dia Selalu Merasa Paling Pantas
Surya Paloh: Jokowi Adalah Kader Partai NasDem
Tak Sodorkan Nama Calon Menteri ke Jokowi, NasDem Promosikan Putra Surya Paloh
NasDem Gelar Kongres Bulan November, Salah Satu Agenda Bahas Pemilihan Ketum
5 Caleg Muda Anak Pengusaha Kaya Indonesia Lolos ke DPR di Pemilu 2019?

(mdk/rnd)